Sabtu, 04 Juli 2020
Follow:
 
Anggaran Dampak Covid-19 Tak Kunjung Disalurkan untuk Masyarakat Inhu

Elfi | Inderagiri Hulu
Jumat, 26/06/2020 | 16:33:04 WIB
RENGAT, LIPO - Gonjang ganjing penyaluran Anggaran dampak Covid-19 yang di nantikan masyarakat di Provinsi Riau, Khusus nya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), seakan isapan jempol belaka, sebab hingga saat ini Pemerintah Provinsi Riau, dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) belum juga merealisasikan ke masyarakat. Sementara untuk di setiap Desa, Kepala Desa didesak menyalurkan anggaran 10-35 persen dari anggaran Dana Desa diberikan kepada masyarakat yang terdampak covid.

Di Kabupaten Inhu, setiap Desa saat ini sudah menyalurkan bantuan. Bahkan saat ini sudah ada yang menyalurkan hingga ke  Tahap III. 

Banyak pertanyaan yang timbul ditengah-tengah masyarakat, kapan Provinsi dan Kabupaten akan menyalurkan anggaran dampak Covid 19 ke Desa?. Padahal pihak Desa telah melakukan pendataan.  

Berdasarkan hasil konfirmasi ke Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Darius Husin, melalui Telpon seluler (25/06/2020), mengatakan, Bantuan Keuangan dampak Covid-19 belum bisa diberikan karena masih dalam proses termasuk di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), untuk saat ini hanya tiga kabupaten yang baru di salurkan, yakni Kabupaten Kuantan Sengingi, Dumai dan Kota Pekanbaru.

"Masih ada administrasi yang perlu dilengkapi, akan secepatnya disalurkan ke Daerah-daerah," jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Darius Husin.

Dijelaskannya, Anggaran keuangan dari Provinsi Riau nantinya akan disalurkan ke Kabupaten/kota berdasarkan data yang masuk. Untuk mekanismenya sendiri, Anggaran itu akan disalurkan melalui BPKAD ke Daerah masing-masing. 

"Untuk anggaran sendiri untuk dampak covid dari Provinsi sebesar 300 per penerima bantuan, sedangkan di Kabupaten sendiri akan menyediakan berbentuk sembako," ucapnya lagi Darius Husin.

Untuk data penerima sendiri dijelaskannya, sudah tidak ada masalah. Hanya saja pihak Provinsi sedang melengkapi administrasi penyaluran. Nantinya penyaluran anggaran ke masyarakat langsung di hendel oleh Kabupaten/kota. 

"Harapan kita secepatnya anggaran ini bisa tersalur, hanya saja masih ada administrasi yang belum lengkap berdasarkan peraturan. Untuk berapa besar anggaran di kabupaten Inhu, bisa langsung pertanyakan ke Dinsos Kabupaten disana, karena Meraka tau. Sementara ini kita mari sama-sama memerangi penyebaran virus Corona dan selalu mengikuti himbauan pemerintah," harap Kadis Sosial Provinsi Riau.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragirihulu (Inhu), Hendrizal, saat dikonfirmasi terkait anggaran dampak Covid 19 dari pemerintah, kapan direalisasikan. Sekda hanya menjawab, bisa langsung ditanyakan ke Kepala Dinas Sosial.

"Tanya aja sama Kepala Dinas Sosial, mereka lebih paham. Untuk ini saya tidak bisa komentar" ucap Hendrizal, (26/06/2020). 

Awak media berusaha konfirmasi ke Dinas Sosial Kabupaten Inhu melalui Telfon seluler maupun pesan WhatsApp, namun tak kunjung  ada jawaban hingga berita ini diterbitkan. (*15)



Berita Lainnya :
 
  • Ini Nostalgia Saya Dulu, Pangdam I/BB yang Putra Seorang Prajurit Brimob Berkunjung ke Polda Riau
  • Alhamdulillah, Lagi 6 Pasien Positif Covid-19 di Inhil Sembuh
  • Permudah Layanan, Masyarakat Inhil Bisa Urus Sejumlah Adminduk Secara Online dan Cetak Sendiri
  • Nama Induknya Ngatini, Syamsuar Beri Nama Anak Gajah Damar
  • Tim Gugus Tugas Covid-19 Kateman dapat Bantuan 20 Baju APD Hazmat dari Yayasan Vioni Bersaudara
  • Diketahui Pernah Gabung Gowes dengan Pasien SA, ini Hasil Rapid Test Sekda Kuansing
  • Putus Mata Rantai Covid-19, PAC PP Inuman Bagi-bagi Masker di Pasar
  • Jika Diamanahkan Masyarakat, Andi Putra- Suhardiman akan Berdayakan BUMDes
  • Pendamping PKH Dinas Sosial Adakan Sosialisasi Bagi Penerima PKH Warga Desa Koto Sentajo
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index