Minggu, 17 Januari 2021
Follow:
 
Dilanda Kabut Asap Karhutla, Kualitas Udara di Bengkalis Masih Aman

alfi | Bengkalis
Jumat, 02/08/2019 | 10:45:06 WIB
Kondisi kabut asap Bengkalis/int
TERKAIT:
 
 
BENGKALIS, LIPO - Kualitas udara di Bengkalis masih dalam keadaan aman dari bahaya ISPA dikarenakan kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah titik kabupaten Bengkalis.

Hal tersebut diutarakan Kepala bidang (Kabid) pelayanan masyarakat (Yankes) dinas Kesehatan Bengkalis Hendrik Pratikno kepada sejumlah wartawan, Jumat 2 Agustus 2019.

Lanjutnya, beberapa wilayah kecamatan di Bengkalis memang sedikit berdampak akibat Karhutla. Dari laporan sejumlah Puskesmas, daerah yang berdampak terjadi di Kecamatan Bukit Batu, Rupat. Namun kabut asap yang terjadi di sana masih masuk dalam kategori sedang, belum bisa dikatakan membahayakan.

"Kita masih memantau dan laporkan ke provinsi. Namun masih dalam keadaan sedanglah, levelnya belum dalam keadaan bahaya,"ujqrnya.

Walaupun masih dikatakan status aman, pihak Dinas Kesehatan Bengkalis tetap menghimbau kepada warga di sekitaran wilayah berdampak karhutla untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan, terutama kepada anak anak.

"Kita sudah minta Puskesmas yang wilayahnya terdampak untuk memberikan himbauan kepada masyarakat dan anak anak untuk tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan,"katanya lagi.

Kemudian, pantauan Dinas lingkungan hidup (DLH) Bengkalis, kualitas udara di Bengkalis daratan masih dalam level sedang. "Dari data ISPU baik di Duri camp maupun Duri Field kualitas udara masih dalam keadaan sedang,"katanya.

Dari pantauan Jumat siang masih dalam keadaan cerah belum terlihat kabut asap menutupi kota Bengkalis.

Sementara Kepala DLH Bengkalis Arman AA menjelaskan untuk wilayah Bengkalis pihaknya belum mengetahui secara pasti kualitas udaranya. Karena ISPU untuk mengukur kualitas udara dalam keadaan rusak sejak tiga tahun terakhir.

"Sejak tiga tahun terakhir ISPU di kantor kita dalam keadaan rusak, belum diperbaiki. Untuk perbaikannya perlu anggaran yang cukup besar,"pungkasnya.(lipo*3/r24)






Berita Lainnya :
 
  • Mafia Rokok Ilegal Tewas Ditembak Petugas Bea Cukai di Perairan Kepri
  • Lagi, Kecelakaan Tol Permai Telan Satu Korban Jiwa
  • Ketika Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Cerita Pengalamannya Dirawat saat Positif Covid-19
  • GOLKAR Riau Diguncang Isu Musdalub?, Masnur Berharap Golkar Riau Bisa Ditata Ulang
  • Tokoh Masyarakat Inhu Dukung Keputusan Presiden Ajukan Listyo Sigit Calon Kapolri
  • Ketum PKB Sebut Indonesia Darurat Pendidikan, Minta Menteri Nadiem Makarim Diganti
  • Kehadiran Putra Pendiri PPP di Harlah Munculkan Semangat Baru
  • Repdem Yakini Penunjukan Listyo Sigit Sebagai Kapolri Sesuai dengan Kebutuhan Rill Saat Ini
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index