Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Cegah Covid-19, Desa Talang Mulya Inhu Wajibkan Periksa Kesehatan di Pintu Masuk

Elfi | Inderagiri Hulu
Selasa, 05/05/2020 | 04:23:25 WIB
Posko Pencegahan Covid19 Desa Talang Mulya Inhu/LIPO 
TERKAIT:
   
 
RENGAT, LIPO - Setelah diberlakukan anggaran Dana Desa bisa dipergunakan dalam pencegahan covid-19, Desa Talang Mulya setelah melalui musyawarah membangun posko penjagaan di setiap perbatasan masuk ke Desa. Tujuannya untuk mencegah penyebaran wabah nonalam virus Corona (Covid 19).

Desa Talang Mulya merupakan Desa terjauh jaraknya dari kota di Kabupaten Inhu, tepatnya di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). 

Hasil dari peninjauan di lapangan, disetiap Posko terdapat 6 orang penjagaan, dan dilengkapi dengan alat semprot disinfiktan yang berguna untuk menyemprot kendaraan warga yang ke luar masuk ke desa, dan dilengkapi alat cek suhu. 

Tidak hanya itu, Posko Desa Talang Mulya juga dilengkapi ruang pemeriksaan dan ruang isolasi, jika terdapat warga maupun pendatang bergejala covid 19.

Pertangungjawaban setiap posko dipimpin langsung tim relawan covid yang diketuai langsung oleh Kepala Desa, Lehan, Wakil Ketua, Dua Didik, dan anggota empat, Dusun serta RT.

"Kita membentuk posko ini berdasarkan musyawarah dan aturan yang ada bukan semata main pasang posko aja. Setiap warga baik itu warga desa tetangga maupun orang luar masuk ke Desa Talang Mulya wajib diperiksa dan dicek kesehatannya, karena diposko kita dibantu tim medis dari Pustu," jelas Kades Solehan.

Untuk menerapkan kedisiplinan dalam memutus mata rantai virus berbahaya ini, Ketua Tim relawan Covid tidak memperbolehkan mobil angkutan seperti Travel dan mobil box dari area Pekanbaru masuk ke Desa. 

"Ini mungkin posko pertama yang ada Didesa di Kabupaten Inhu menerapkan penjagaan seperti ini. Semua berjalan tetap atas kerja sama rekan-rekan yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, diposko sendiri dilakukan penjagaan secara pergantian, terbagi tiga sip," ungkap lagi kades.

Dimalam harinya Tim Relawan bersama TNI dan Polri juga melakukan patroli di Desa , membubarkan warga jika kedapatan lakukan kumpul -kumpul dan menghimbau masyarakat agar dirumah saja, selalu ikuti himbauan pemerintah.

Harapan Kades Solehan, agar masyarakat selalu mengunakan masker, jaga kebersihan, cuci tangan dan jaga jarak kepada siappun serta jangan keluar rumah jika itu tidak penting. Yang paling utama jangan berkumpul kumpul dan melakukan kegiatan yang bersifat mengundang orang banyak. (lipo*15)



Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index