Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Persiapan PSBB Covid-19, LKS Bina Lansia Inhu Serahkan Bantuan PROGRESLU 2020 di Tiga Kecamatan

Elfi | Inderagiri Hulu
Jumat, 08/05/2020 | 22:52:23 WIB
Gambar: LIPO
TERKAIT:
   
 

RENGAT, LIPO - Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Bina Lansia, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, menyerahkan bantuan sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRESLU) Tahun 2020 kepada 60 orang lanjut usia di Tiga Kecamatan.


Ketiga Kecamatan itu adalah Kecamatan Sebrida, Kecamatan Sungai Lala, dan Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ).


Penyerahan langsung dilakukan oleh Ketua LKS Inhu, H Cucu Sulaiman, dan didamping para pendamping Lansia Desa.


Bantuan Sosial Progres 2020 disalurkan akibat dampak wabah non alam (Covid-19) yang saat ini merabak penularannya dan sehingga berpengaruh pada sosial dan perekonomian masyarakat.


Kegiatan ini juga ditegaskan dalam juknis Direktur Jendral Rehabilitasi sosial nomor 14/4/HK.O1/3/2020 tentang Petunjuk Teknis Percepatan Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia dalam masa tanggap darurat akibat cobid-19.


"Bantuan tersebut diperoleh dari Kementrian Sosial RI melalaui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Sharma Bekasi yang mengandeng LKS lanjut usia di 16 Provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Riau.


Untuk di Provinsi Riau salah satu nya di kabupaten Indragiri hulu yang berkantor di Pematang Reba, Gang Manggis, Kecamatan Rengat Barat, "ya kita termasuk daerah yang beruntung bisa dibantu," Jelas Ketua LKS Inhu Cucu Sulaiman, Jumat 8 Mei 2020.


Bantuan tersebut berjumlah Rp. 2.700.000, dengan rincian Rp. 1.500.000 kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) lanjut, Rp. 500.000 dana dukungan keluarga dan Rp. 700.000, diperuntukan biaya perawatan sosial serta terapi yang dikelola oleh LKS.


"Ada peruntukan nya berupa sembako, uang tunai, dan keperluan lansia sehari-hari. Kita disini ada lansia binaan dan ada yang tidak," ucapnya lagi.


Sembako ini dianggarkan sebesar Rp. 1.500.000, digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar PPKS dengan cara memberikan sembako selam tiga bulan, untuk bulan Mei 2020 sudah diserahkan kepada lansia binaan LKS Inhu yang tersebar di tiga Kecamatan, Kecamatan Sebrida 36 orang, Kecamatan Sungai Lala 9 orang dan Kecamatan LBJ 15 orang.


Kegiatan ini juga merupakan untuk menghadapi masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) sehingga kebutuhan yang diterima lansia melalui LKS Inhu bisa bermanfaat.


"Sebelum nya kita mengajukan nama  rarusan nama lansia. Namun, yang terkucur hanya 60 orang , paling tidak bantuan ini bisa bermanfaat bagi para lansia dalam mengahadapi dampak covid-19. Bagi penerima juga memenuhi karteria, intinya karteria warga miskin dan terdaftar DTKS," jelasnya lagi.


Cucu Sulaiman menghimbau, dengan tangan terbuka kepada pemerhati kesejahteraan sosial, keluarga lansia, para relawan sosial, agar menghubungi LKS Bina Lansia Inhu.


"Jika sesuai dengan kriteria

PPKS untuk daftarkan sebagai lansia binaan dan akan kita usul kan kepada Kemensos RI, bisa juga nanti hubungi nomor kontak LKS Bina Lansia Inhu 085365568655," tutupnya. (lipo*15)




Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index