Minggu, 17 Januari 2021
Follow:
 
Sebar Hoaks Pasien Positif COVID-19 di Mandau, IRT Ini Nyaris Dibui

elpi | Bengkalis
Selasa, 30/06/2020 | 09:20:46 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
Bengkalis, LIPO - Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Duri, Kabupaten Bengkalis, menyebar berita bahwa pasien positif COVID-19 di RSUD Mandau adalah hoaks. Kabar ini sengaja dihembuskan oleh IRT tersebut karena tuntutan dari pemerintah bahwa harus ada pasien positif COVID-19 di setiap rumah sakit.

Hoaks itu dengan cepat menyebar sehingga membuat resah dan panik masyarakat. Si ibu juga memperkuat cerita bahwa anaknya juga bekerja di RSUD hingga penerima pesan melalui layanan Whatshapp ini makin yakin dengan informasi yang dihembuskannya.

"Saya dapat berita itu Sabtu kemaren. Geram saya bacanya. Pengen saya undang dia nginap semalam dengan pasien covid," ujar Direktur RSUD Mandau dr Sri Sadono, Senin (29/6).

Berita bohong itu dikhawatirkan membuat resah dan menghilangkan kepercayaan masyarakat ke pemerintah. Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian namun ternyata si ibu menyadari kekhilafan dan langsung mendatangi RSUD.

"Pembuat berita Ibu MA dengan inisiatif sendiri telah melakukan klarifikasi dan permohonan maaf kepada kami dalam hal ini diwakili Direktur dan Manajemen RS," tambah Kasi Humas dan Pemasaran dr Rangga Mooendanoe.

Disebut dr Rangga, hal ini dilakukannya MA karena menyadari bahwa pernyataan yang telah disampaikannya di medsos telah beredar luas dan meresahkan masyarakat sehingga menimbulkan fitnah untuk RSUD Mandau.

"Ibu MA juga mengakui bahwa statement yang disampaikannya sebelumnya adalah tidak benar dan anaknya semenjak bulan Januari 2020 sudah tidak lagi bekerja di RSUD," ujar Rangga lagi.

Menanggapi permintaan maaf dari MA tersebut, Direktur RSUD Mandau drg Sri Sadono Mulyanto menyampaikan agar masyarakat untuk lebih bijak menggunakan media sosial apalagi terkait hal yang bersifat vital seperti informasi terkait COVID-19.

"Berhubung telah ada itikad baik dari Bu MA, tentunya pihak RS menghargainya. Ini diselesaikan dengan cara kekeluargaan berupa klarifikasi secara resmi dari pembuat berita untuk menjernihkan informasi yang terlanjur beredar," ujarnya.

Sementara itu klarifikasi dan permintaan maaf dari MA disampaikan langsung di depan segenap jajaran manajemen RSUD Mandau. Ikut hadir Kanit Intel Polsek Mandau.

"Selain permintaan maaf ke RS, Bu MA juga menyampaikan klarifikasi di media sosial terkait statement sebelumnya yang beredar," jelas Rangga lagi.(lipo*3/ant)




Berita Lainnya :
 
  • Mafia Rokok Ilegal Tewas Ditembak Petugas Bea Cukai di Perairan Kepri
  • Lagi, Kecelakaan Tol Permai Telan Satu Korban Jiwa
  • Ketika Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Cerita Pengalamannya Dirawat saat Positif Covid-19
  • GOLKAR Riau Diguncang Isu Musdalub?, Masnur Berharap Golkar Riau Bisa Ditata Ulang
  • Tokoh Masyarakat Inhu Dukung Keputusan Presiden Ajukan Listyo Sigit Calon Kapolri
  • Ketum PKB Sebut Indonesia Darurat Pendidikan, Minta Menteri Nadiem Makarim Diganti
  • Kehadiran Putra Pendiri PPP di Harlah Munculkan Semangat Baru
  • Repdem Yakini Penunjukan Listyo Sigit Sebagai Kapolri Sesuai dengan Kebutuhan Rill Saat Ini
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index