Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Jaga Ketahanan Pangan, Polres Inhu Launcing Jaga Kampung

Elfi | Inderagiri Hulu
Kamis, 09/07/2020 | 15:12:58 WIB

TERKAIT:
   
 
RENGAT, LIPO - Dalam rangka Jaga Kampung di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, Polres Inhu gelar "Launcing Jaga Kampung" di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat. Dengan mengedepankan ketahanan pangan disituasi Pendemi Covid 19, Kamis 09 Juli 2020

Dalam kegiatan ini diawali dengan pemberian bibit cabe, tomat, terong, ribuan bibit ikan, seperti ikan lele, ikan nila dan ikan gurami, yang diberikan kepada kelompok tani Binaan Polres Inhu "Kelompok Tani Maju Bersama". 

Selain di Desa Talang jerinjing dilakukan Launcing Jaga Kampung, serentak dilakukan di Seluruh Polsek juga melakukan hal yang sama.

Secara langsung dihadapan Kapolres Inhu, Kepala Desa Talang Jerinjing Edi Priyatno, mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan Kapolres Inhu dalam rangka Launcing Jaga Kampung, mudah-mudahan bisa semua ini bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama kepada kelompok tani

"Harapan saya kepada masyarakat agar betul-betul melaksanakan kewajiban dengan baik dan menjaga kampung ini untuk program dari Kapolres, yang bertujuan menjaga ketahanan pangan di kalangan masyarakat dalam situasi Pendemi Covid seperti saat ini, dan hasilnya nantinya juga akan diberikan ke Desa," jelas Edi Priyatno.

Anggaran kegiatan jaga kampung di Desa Talang Jerinjing bersumber dari CSR PT SSR yang nantinya diberikan berbentuk Pupuk, Bibit, persiapan lahan yang diberikan kepada kelompok tani, besar CSR nya lebih kurang Rp.131,874.000, 

Selanjutnya, amanat Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K mengatakan program jaga kampung menjadikan kampung tanguh Nusantara, yang dilaksanakan di seluruh Polda dan Polres SE Indonesia. Selain itu, Kapolres Inhu juga menjelaskan ada beberapa program terkait jaga kampung seperti, kegiatan cegah kriminalitas, Penanganan covid 19 dan Ketahanan Pangan.

Pendukung dalam rangka mengoptimalkan terwujudnya pilot project ketahanan pangan atau kemampuan bidang usaha lainnya di tingkat desa/kelurahan dengan mengikutsertakan masyarakat dan perusahaan 

Maksud jaga kampung untuk memberikan gambaran tentang upaya polres Inhu memperdayakan potensi masyarakat dalam rangka menjaga setabilitas ketahanan pangan serta mengantisipasi masalah sosial lainnya ditingkat Desa, yang dikelolah oleh perangkat Desa mulai dari kepala Desa,Bhabinkamtimas dan bahbinsa beserta kelompok tani.

Berdasarkan pengertian Jaga kampung adalah suatu kegiatan melindungi suatu wilayah, orang atau barang dari gangguan fisik, kesehatan, pangan dengan cara memperdayakan, memelihara dan memanfaatkan sumber daya manusia serta sumber daya alam yang ada dilingkungan kampung.

Dalam rangka mengoptimalkan program jaga kampung yang dilakukan melibatkan masyarakat setempat terutama melalui peran lembaga adat Melayu (LAM) yang selama ini telah berpameran aktif mendukung pembangunan dikabupaten Inhu. Di Inhu saat ini terdapat 194 Desa/kelurahan dengan jumlah Bhabinkamtimas 89 orang yang terdiri dari 10 Kapolsek di jajaran polres Inhu.
 
"Untuk anggaran kegiatan tidak lah mengikat, bisa dibantu pihak perusahaan, bisa dari Pemda dan bisa juga dari Desa. Semua bertujuan kegiatan hari ini dapat memperkuat kampungnya, sehat masyarakat nya dan tercukupi ketahanan pangan nya" ungkap Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K

Menyambut program tersebut, Kelompok Tani Maju Bersama Desa Talang jerinjing merupakan Binaan Polres Inhu dengan menyiapkan lahan dua hektar yang nantinya dikelolah oleh kelompok tani langsung dan pembukaan nya melalui CSR Perusahaan PT SSR. 

"Tolong dijaga, nantinya pendamping dalam kegiatan langsung didampingi Bhabinkamtimas yang sudah mengikuti pelatihan di Polda Riau, untuk dikabupaten Inhu hari ini Launcing serentak ada 10 Polsek di Inhu," ungkap Kapolres lagi.

Selain itu, Kapolres Inhu juga mengajak seluruh Desa untuk membangun dan mengembangkan terkait ketahanan pangan, agar menjadi daya tangkal potensi mengatasi ketahanan pangan dalam menghadapai Pendemi Covid 19.

Kemudian Wakil Bupati Inhu Khairizal yang hadir dalam acara launcing jaga kampung mengucapkan banyak terimakasih kepada Polres Inhu dalam menjaga dan membangun Desa.

"Kami mengucapkan terimakasih dan salut kepada Polres Inhu yang terus menerus bosan bosan nya menjaga dan membngun Kab.Inhu, serta terus melakukan kegiatan dalam membantu masyarakat inhu dalam situasi Pendemi Covid 19," ucapnya Wakil Bupati Inhu Khairizal.

Khairizal juga mengatakan, pada kondisi seperti ini seluruh kegiatan, aktifitas dan usaha mengalami perlambatan.

"Meskipun situasi seperti ini kita tidak boleh hanyut dengan keadaan dan tentunya semua negara hari ini terdampak covid, dan hari ini salah satu bentuk persiapan menjaga ketahanan pangan," ucap nya lagi.

Oleh karena itu pemerintah Indonesia mengalakan kegiatan ketahana Pangan , maka dari itu untuk memanfaatkan lahan yg ada di daerah masing masing, terutama pada pekarangan yang tidak termanfaatkan.

"Lahan kosong dapat dimanfaatkan, menjadi pailot projek percontohan kegiatan pertanian untuk ketahanan pangan, jadi kita meminta pada penyuluhan agar mendampingi masyarakat dalam mengalakan terkait ketahanan pangan," harap wakil bupati.

Mari galakan penanaman tumbuhan yang terkait pada ketahanan pangan seperti , cabe, terong, ubi kayu, ubi jalar dan lain-lainnya. Yang nantinya tanaman ini bisa mengantikan beras.

"Kami dari Kab.Inhu mengucapkan terimaksih kepada Kapolres Inhu, mari kita bantu polisi, jaksa, pengadilan  dan tentara dalam menjaga situasi kondusif di Inhu," tutup Wakil Bupati.

Turut hadir langsung dalam kegiatan, Jajaran Polres Inhu, Dandim 0302 Inhu, Pengadilan Ngeri Rengat, Kejari Inhu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, kepala Dinas Keshatan, Seluruh Kepala Desa, dan para undangan lainya. (*15)



Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index