Senin, 28 September 2020
Follow:
 
Jangan Panik Dulu! Ini Cara Mengatasi Bila Power Window Mobil Macet

ELFI | Otomotif
Kamis, 27/08/2020 | 21:22:58 WIB
Ilustrasi/Int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Rata-rata mobil saat ini telah menggunakan power window membuka dan menutup kaca hampir pada setiap pintu. Power window ini juga rentan mengalami kerusakaan. Bila macet dalam keadaan kaca terbuka, maka akan membuat tidak nyaman dan kadang bikin panik.

Bila power window mengalami kerusakan atau macet, sebaiknya kenali dulu penyebabnya. Melansir dari laman liputan6.com yang dikutip dari Suzuki Indonesia, Kamis (27/8/2020), Berikut ini adalah ulasannya:

Switch atau Saklar Mengalami Kerusakan

Lebih rumit dari saklar lampu mobil, saklar pada power window berkaitan dengan tiga perintah yakni window down, window up dan juga off.

Seringnya digunakan, saklar bisa saja mengalami kemacetan secara tiba-tiba. Jika dibiarkan, saklar bisa benar-benar rusak dan tidak berfungsi sehingga kaca mobil tidak bisa digerakkan. Ketika hal ini terjadi, pemilik harus menggantinya dengan saklar baru.

Motor Penggerak Sudah Aus

Mobil yang menggunakan elektrik power pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik pada umumnya, motor listrik ini juga bisa mengalami kerusakan.

Brush atau sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Memiliki fungsi menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar, gesekan antara rotor dengan brush pasti akan terjadi.

Gesekan yang terjadi akan mengikis sikat motor. Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Kerusakan ini bisanya hanya terjadi pada satu pintu. Dalam hal ini, pegemudi bisa mencoba untuk menaikkan dan menurunkan saklar dari sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Namun, jika power window bisa digunakan dari sisi pengemudi, berarti saklarnya yang mengalami kerusakan. Solusinya, brush yang aus harus diganti.

Rel Kaca Mobil Terlalu Kotor

Rel kaca mobil rentan terkena kotoran. Ketika rel terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Rel kaca yang terlalu kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca power window digunakan.

Apabila kotoran dibiarkan, kaca mobil akan mengalami kemacetan karena tertahan oleh kotoran. Cara mengatasi kaca mobil yang macet karena debu ialah dengan menyemprotkan silikon spray ke sela-sela rel kaca. (*1)



Berita Lainnya :
 
  • Bertambah Lagi 254 Orang Terpapar Corona, Kasus Positif di Riau Tak Turun-turun
  • Dikabarkan Positif Virus Corona , Halim Minta Doakan Cepat Sembuh
  • Dianggap Mengaburkan Sejarah G30S PKI, Ruangguru Diancam Dilaporkan ke Polisi
  • Lintas Alam Group Sumbangkan Costum Buat Group Bunga Seroja
  • KLHK Bantu Pemulihan Ekonomi Riau Melalui Program Padat Karya Mangrove
  • Pengen Punya Keturunan? 8 Kebiasaan Yang Perlu Dihindari Biar Ngak Mandul
  • Setelah Katahuan Mendua, Atlet Bola Ditargetkan Mati Oleh Istrinya Sendiri Demi Harta Warisan
  • Kapolres Inhu Kunjungi Posko Cakada, Serahkan Buku Panduan Protokol Kesehatan Covid-19
  • Rencana DLHK Sulap Tahura Jadi Wisata Alam, Bisa Jadi Alternatif Tempat Liburan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index