Senin, 30 November 2020
Follow:
 
Peningkatan Kasus Positif COVID-19 di Bengkalis Capai 86 Kasus

elpi | Bengkalis
Senin, 07/09/2020 | 06:10:56 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
BENGKALIS, LIPO - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra menyebutkan ada penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 melonjak pada Jumat (4/9) dan Sabtu (2/9) yang mencapai 86 kasus.

"Dalam tiga hari ini terjadi peningkatan kasus yang sangat signifikan. Pada tanggal 4 September 2020 terjadi penambahan 15 kasus yang terkonfirmasi positif dengan total 75 kasus, " ungkap dr Ersan dalam jumpa pers didampingi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkalis Nanik Khushartanti, Kepala Pengadilan Negeri (PN) Rudi Ananta wijaya, Kapolres AKBP Hendra Gunawan dan Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Lizardo Ghumay, Minggu (6/9).

Dari 15 pasien yang dinyatakan positif, sudah dilakukan tracking, karena memang yang terkonfirmasi Jumat itu memang dari kontak erat pasien yang terkonfirmasi positif sebelumnya.

"Artinya kita sudah melakukan tesswab di beberapa instansi dan beberapa tempat pelayanan, dari hasil itu kita mendapatkan tambahan kasus sebelumnya, kasus dari instansi ini lah muncul kontak erat dan dinyatakan positif. Yang paling banyak itu dari kontak dengan Ny H (pasien 44) dengan penambahan 6 kasus, "terangnya lagi.

Ny. H merupakan ASN di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis. Dia diketahui positif setelah Dinkes melakukan swab massal. Kemudian. Kasus positif COVID-19 juga terjadi pada pusat pelayanan kesehatan RSUD Bengkalis dan Mandau.

"Kita tidak perlu cemas karena yang terkonfirmasi merupakan hasil penelusutan. Kemudian hari Sabtu kemarin, kita mendapatkan tambahan kasus 11 terkonfirmasi positif dan menjadi total 86 kasus positif. Jadi ini bukan kasus baru tapi hasil dari tracking kontak erat, " imbuhnya.

Ersan mengemukakan, dalam dua hari belakangan pada ini Jumat dan Sabtu kenapa terjadi peningkatan signifikan terhadap kasus terkonfirmasi positif corona, karena Dinas Kesehatan melakukan swab secara masif.

"Setiap orang yang kontak erat dengan terkonfirmasi positif memang kita lakukan swab, kontak erat yang paling banyak ditemukan adalah kontak erat klaster Disdik," kata Ersan.

Untuk mengantisipasi peningkatan kasus bilamana sewaktu-waktu terjadi, Ersan menyampaikan sudah menyiapkan Balai Diklat Bengkalis dan Balai Tenaga Kerja Mandauuntuk lokasi perawatan.

"Di RSUD Mandau sedang ada 7 orang dirawat dan di Bengkalis juga ada 7 orang. Untuk yang karantina mandiri tetap kita lakukan pengawasan karena memang datanya sudah kita kantongi, " tuturnya.

Selain itu, Ersan mengaku tim gugus sedang menggesa Perbup penegakan protokol kesehatan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kita akui memang terjadi tarik ulur dalam pembahasan, tetapi dalam waktu dekat ini akan kita siapkan," tutupnya.(lipo*3/ant)



Berita Lainnya :
 
  • Ini Pengurus dan Lambang Baru PKS
  • Tanam 20 Ribu Bibit Pohon, KTH SEBAR: Ini Amanah Ibu Menteri LHK
  • LPPM UNRI Desain Masreplan Ruang Terbuka Hijau Desa Lambang Sari INHU
  • Kejati Riau Usut Perkara Dugaan Bagi-bagi Proyek di Kabupaten Bengkalis
  • Sukseskan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Siak Gelar Simulasi Sispamkota
  • Bawaslu Gandeng Komunitas & Pemilih Pemula Sosialisasikan Pengawas Pilkada Kuansing 2020
  • Polres Pelalawan Usut Temuan 51 Paket Sembako Milik Salah Satu Paslon
  • Tinggalkan RS Lewat Belakang, HRS Layangkan Sepucuk Surat Pernyataan Terkait Hasil Swab
  • Susi Pudjiastuti Menangis, Sebut Indonesia Satu-satunya Penjual Bibit Lobster di Dunia
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index