Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Meskipun dalam Keterbatasan, Polres Inhu Tetap Amankan Pilkada Di Tengah Pendemi Covid-19

Elfi | Inderagiri Hulu
Sabtu, 07/11/2020 | 09:30:27 WIB
Kapolres Inhu, AKBP Efrizal S.IK/LIPO
TERKAIT:
   
 
RENGAT, LIPO - Polres Inhu terus kerja keras dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada di tengah Pendemi Covid-19. 

Hampir satu tahun wabah berbahaya ini melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, namun tanda-tanda kapan pandemi ini akan mereda.

Sementara, Kabupaten Inhu sekarang sedang melaksanakan tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang sudah pasti membutuhkan pengamanan ekstra agar pesta demokrasi itu bisa berjalan dengan baik dari tahap awal hingga dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Inhu periode 2021-2026. 

Semua tugas yang amat berat itu harus dipikul serta dilaksanakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Inhu dengan segala keterbatasan, diantaranya keterbatasan jumlah personel dan sarana pendukung.

"Tugas-tugas berat ini harus kita laksanakan dengan baik, disaat penanganan Covid-19, kita juga harus mampu mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan sejuk," kata Kapolres Inhu, AKBP Efrizal S.IK diruang kerjanya, Sabtu 7 November 2020.

Lebih jelas diungkapkan Kapolres, selain bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu, Polres Inhu juga melaksanakan berbagai program dan upaya untuk mengantisipasi serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

AKBP Efrizal S.I.K, Pertama, Polres Inhu bersama TNI, Satpol PP dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu dua kali dalam sehari terus melaksanakan sosialisasi dan himbauan pada masyarakat untuk mematuhi protokoler kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru.

Kedua, Polres bersama pihak terkait lainnya juga tergabung dalam tim pemburu teking Covid-19 Kabupaten Inhu dengan tugas melaksanakan operasi yustisi sebagai implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Inhu nomor 63 tahun 2020 tentang protokol kesehatan dan sanksi bagi pelanggar.

Untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19, Polres Inhu juga membentuk tim relawan Covid-19 yang tersebar diseluruh Kecamatan di Inhu, saat ini jumlah tim relawan sebanyak 55 orang terdiri berbagai unsur masyarakat, yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya dan tidak tertutup kemungkinan jumlah relawan ini akan terus bertambah.

Target dari tim relawan Covid-19 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan dan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Diharapkan, tim relawan Covid-19 ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan membudayakan protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru dalam menekan laju pertambahan Covid-19," ungkap Kapolres yang dikenal ramah, sederhana dan karismatik ini.

Kemudian, Polres Inhu juga dibantu oleh tim relawan Covid-19 akan fokus terhadap agenda utama dalam menjalankan arahan Presiden Jokowi, Kapolri dan Ketua Satgas Covid-19 yaitu menekan angka infeksi Covid-19 melalui upaya himbauan pendisiplinan masyarakat dengan menerapkan 4 M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Disamping berikan himbau, sosialisasi dan razia yustisi, Polres Inhu juga memiliki program bhakti sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan menyalurkan bantuan sembako diseluruh wilayah Kabupaten Inhu.
Jika ditotalkan, sudah ada sekitar 10.250 paket sembako yang telah disalurkan pada masyarakat selama pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu saja, Polres Inhu juga menggandeng mahasiswa STIE-I untuk ikut melaksanakan kegiatan bhakti sosial dalam menyalurkan bantuan berupa 214 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat dalam kondisi susah seperti saat ini.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, masih banyak lagi program lain yang telah kita laksanakan dalam mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Inhu," ungkap Kapolres.

Sementara, untuk pengamanan Pilkada, Polres Inhu juga telah melaksanakan berbagai persiapan diantarnya membekali 233 personel dengan pengetahuan tentang Sistem Pengamanan (Sispam) Kota. Pelatihan ini sudah dilaksanakan awal hingga pertengahan September 2020 lalu.

Ketika pelatihan, lanjut Kapolres, ratusan personel dibekali keahlian dan keterampilan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk saat berlangsungnya tahapan-tahapan Pilkada.
Seperti huru hara yang disebabkan oleh kekecewaan massa salah satu pendukung calon terhadap proses atau hasil Pilkada.

Polres Inhu juga sudah menugaskan sejumlah personel yang telah dibekali pelatihan dan keahlian untuk Pengawalan Pribadi (Walpri) masing-masing calon Bupati dan calon Wabup termasuk Walpri untuk komisioner KPU serta Bawaslu Inhu.

Saat ini, Polres Inhu juga telah memiliki helm canggih atau smart helmet yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Helm ini akan kita gunakan secara maksimal selama tahapan-tahapan Pilkada agar terwujud Pilkada yang damai dan sehat, terhindar dari Covid-19," imbuh Kapolres

Dijelaskannya, helm canggih itu dilengkapi dengan sistem komputerisasi, kamera sana layar khusus, jadi ketika digunakan, pada kaca penutup helm akan terpampang suhu tubuh setiap manusia yang terjangkau oleh kamera. Bahkan dari jarak jauhpun helm pintar itu bisa mendeteksi suhu tubuh manusia.
Tingkat akurasi pantauan suhu mencapai 90 persen.

"Helm ini juga bisa dikontrol lewat jam tangan khusus dan handphone android," papar Kapolres.

Pengadaan helm pintar ini bukti jika Polres sangat mendukung terlaksananya Pilkada yang aman, kondusif dan sehat, bisa menekan penyebaran Covid-19.

Jadi, jika nanti ada petugas yang datang dengan berpakaian lengkap dan memakai helm seperti film "Robocop" maka jangan takut, polisi hanya mengamankan orang yang bersuhu tubuh lebih dari 28 derajat Celcius, kemudian membawanya pada pos kesehatan atau pos penanggulangan Covid-19.

"Masih banyak lagi upaya yang kita lakukan agar Pilkda Inhu berjalan dengan damai, aman, kondusif dan sehat," tutup Kapolres.(*15)



Berita Lainnya :
 
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  • Husni Merza: Aplikasi 'SEPAKAT' Menjawab Problematika Kemiskinan di Kabupaten Siak
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index