Jumat, 26 Februari 2021
Follow:
 
Limbah PT TSS Rengat Diduga Cemari Sungai Indragiri

Elfi | Inderagiri Hulu
Jumat, 19/02/2021 | 18:03:06 WIB
Cairan Hitam yang Diduga Limbah Cair Cemari Sungai Indragiri/LIPO
TERKAIT:
 
 

RENGAT, LIPO - Masyarakat Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau saat ini menjadi resah dengan adanya dugaan limbah PT TSS mencemari Sungai Indragiri. Nelayan yang kesehariannya mencari ikan pun turut gelisah atas dugaan pencemaran limbah tersebut.


Salah satu warga saat mencari ikan di sungai Indragiri mengatakan, pada tanggal 07 Februari 2021, cairan hitam pekat mengambang di sungai Indragiri, diduga Limbah itu berasal dari PT TSS, yang beralamatkan di Desa Kuantan Babu.


"Jelas saya tampak cairan hitam mengambang di sungai Indragiri, kondisi itu membuat kita saat itu mencari ikan di sungai sangat terganggu. Diduga cairan hitam limbah milik pabrik perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan karet atau PT TSS di Kuba, apalagi posisi Pabrik berada di Pinggir Sungai Indragiri," Jelas Mulyadi, Jumat (19/2/2021).


Diceritakan Mulyadi, setelah melihat cairan hitam pekat mengalir di sungai Indragiri, Ia langsung mengunggah foto tersebut di Medsos pada 7 Februari 2021. Mulyadi juga mengatakan, selain limbah cair, terkadang bau tak sedap juga tercium dari arah pabrik yang menyebar luas.


"Apalagi kalau musim penghujan usai, bau tak sedap juga tercium bau menyengat. Bukan hanya dirasakan warga desa setempat melainkan kami di kota rengat aja juga terdampak bau tak sedap tersebut," kata Mulyadi lagi.


Mulyadi berharap, pihak perusahaan mana pun lebih profesional jika beroperasi di Indragiri Hulu, dan jangan membuang limbah sehingga dapat merusak lingkungan. 


Terkait adanya dugaan pencemaran tersebut, awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada pihak perusahaan PT TSS. Riki selaku Humas Perusahaan mengatakan, tidak bisa terlalu jauh memberikan penjelasan, karena pada saat itu dirinya sedang cuti. Namun, Ia mengakui bahwa pihak Polres Inhu sudah datang melakukan pengecekan ke perusahaan.


"Saya ngak bisa kasih penjelasan, karena pada saat itu saya cuti. Kalau limbah ada bidangnya di pabrik yaitu HSE," jelas Humas PT TSS Riki. (*15)




Berita Lainnya :
 
  • Nama Mantan Bupati Kampar Riau Disebut Terima Aliran Dana
  • Alfedri Buka Konferensi Kerja 1 PGRI Kabupaten Siak Masa Bakti XXII Tahun 2020-2025
  • Mantan Ketum HIPMI Pekanbaru Nyatakan Maju di HIPMI Riau
  • Ditreskrimsus Polda Riau & BI Gelar Pelatihan Tindak Pidana Terhadap Uang Rupiah
  • Agar Menjadi Anggota Polri Berkarakter & Berakhlak, Polres Inhu Ikuti Kajian Kitab Kuning
  • Ditetapkan Sebagai Bupati & Wabup Terpilih, Andi Putra-Suhardiman Apresiasi Semua Pihak
  • Oknum PNS Inhu Nyambi Jual Sabu Dibekuk Polisi Saat Nyantai di Teras Rumah
  • Abdul Wahid Jagokan Nasarudin Nahkodai KNPI Riau
  • Ganti Kartu Lama Ke Kartu Usim 4G Dapat Kuota Hingga 30 GB Selama 30 Hari
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index