Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Polisi Penerima PIN Emas Gagas Pembuatan Akte Gratis untuk Warga

Elfi | Inderagiri Hulu
Rabu, 17/03/2021 | 15:08:00 WIB

TERKAIT:
   
 
RENGAT, LIPO - Ide cemerlang ditelorkan Polisi peraih PIN Emas dari Kapolri, Bripka Ripal Indrawata, S.H.,M.H. Ia merupakan anggota Polres Indragiri Hulu (Inhu), yang bertugas di Polsek Pasir Penyu sebagai Bhabinkamtimas Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji, Kecamatan Pasir Penyu, Inhu, Riau.

Ia berkeinginan membuat Akte Kelahiran untuk warga Kecamatan Pasir Penyu terkhusus Desa Binaan nya. Untuk mewujudkan gagasannya, Bripka Ripal Koordinasi dan Kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hulu.

Gagasan ini berawal mengingat masih banyak warga yang belum memiliki akte kelahiran di wilayah tugasnya.

"Program dan Ide ini akan saya terapkan di Desa binaan Bhabinlamtimas di wilayah saya bertugas," jelasnya.

Diungkapkannya, banyaknya warga yang belum memiliki akte karena berbagai alasan. 

"Ada yang sulit menerima ke Inforformasi tentang pengurusan akte, kurangnya SDM mendukung, dan jarak tempuh ke Dinas Disdukcapil cukup jauh," Ungkap Bripka Ripal Indrawata, usai berkoordinasi dengan Kepala Dinas Disdukcapil, Rabu 17 Maret 2021.

Untuk membantu masyarakat, Ia pun langsung melakukan koordinasi ke Dinas Terkait dan Kepala Desa untuk memfasilitasi warga atas pembuatan Akte Kelahiran secara gratis. Ini bentuk wujud kepedulian Bhabinkamtimas dalam upaya membangun kesadaran hukum ditengah masyarakat "Rust building partnership dan partnership building" antara masyarakat dan Polri.

Kepala Dinas Saiful menyambut baik ide Polisi ini dan Dinas terkait siap bersinergi.

"Ini ide bagus dan gagasan luar biasa yang diberikan oleh Bripka Ripal, kita dari Dinas siap bersinergi. Paling tidak memberikan kesadaran masyarakat bahwa penting nya Akte Kelahiran, KK dan KTP di kalangan masyarakat. Atas gebrakan Polisi ini kami sangat mendukung, apalagi ditengah pendemi covid 19 seperti saat ini. Untuk pengurusan gratis tidak dipungut biaya, atas koordinasi Bripka Ripal kami sambut dengan baik," Ucap Kepala Dinas Disdukcapil Saiful Bahri, saat dikonfirmasi.

Disisi lain, Kapolres Inhu Akbp Efrizal,S.I.K, saat dikonfirmasi, mendengar program maupun Ide Bhabinkamtimas Pasir Penyu, Kapolres langsung menanggapi dengan positif. Selain polri melindungi dari orang jahat dan memberantas kejahatan, Polri harus dekat masyarakat serta membantu segala sesuatu keperluan masyarakat banyak yang bersifat urgen, salah satunya seperti apa yang dilakukan Bripka Ripal dengan memfasilitasi pembuatan berbentuk Dokumen baik itu Akte Kelahiran, KTP dan lain-lain, dengan syarat harus memenuhi semua prosedur mulai dari Desa dan jenjangnya.

"Ini kegiatan luar biasa, disamping dia menerima PIN Emas dari Kapolri, Ripal merupakan anggota polisi yang selalu mengeluarkan ide-ide cemerlang patut dicontoh oleh anggota lain nya. Apalagi kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, saya sangat mendukung," Jelas Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K. (*15)



Berita Lainnya :
 
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  • Husni Merza: Aplikasi 'SEPAKAT' Menjawab Problematika Kemiskinan di Kabupaten Siak
  • WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah
  • Bersama BINDA Riau, PWI Kuansing Gelar Vaksinasi Merdeka Sisir Desa Terluar
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index