Jumat, 14 Mei 2021
Follow:
 
Ada Kredit Riau Melawan Rentenir di BRI, Gubri: Syaratnya Mudah, Bunga Rendah

elpi | Ekonomi
Rabu, 28/04/2021 | 19:35:44 WIB
launching Kredit Riau Melawan Rentenir/ist
TERKAIT:
 
 
PEKANBARU, LIPO - Bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar launching Kredit Riau Melawan Rentenir atau Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR), di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (28/4/2021).

Gubri menyampaikan, keberadaan rentenir seringkali meresahkan masyarakat karena memberikan pinjaman dana dengan bunga yang sangat tinggi dengan berbagai kemudahan yang diberikan untuk menjerat masyarakat khususnya pelaku UMKM atau pedagang kecil.

Ia menyebutkan, sekarang ini ada kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan untuk urusan pinjaman kepada masyarakat melalui Kredit Riau Melawan Rentenir untuk menggerakkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Agenda hari ini adalah launching kredit melawan rentenir, kita tahu bahwa di daerah kita ini banyak rentenir yang memanfaatkan kredit kepada masyarakat kita yang ada di daerah, baik petani, pedagang termasuk UKM," katanya.

Syamsuar menerangkan, kredit melawan rentenir ini adalah kredit pembiayaan yang diberikan lembaga jasa keuangan formal kepada pelaku UMKM dengan proses cepat, mudah dan biaya rendah, untuk mengurangi ketergantungan entitas kredit informal dan ilegal.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mengurangi kecenderungan masyarakat khususnya UMKM meminjam dari entitas kredit informal atau rentenir serta mendorong peran dan fungsi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam pengembangan sektor UMKM di daerah melalui penyediaan dana dengan proses cepat, mudah dan berbiaya rendah.

"KPMR juga bertujuan meningkatkan pengetahuan UKM terkait produk dan layanan keuangan, khususnya produk kredit," ujarnya.

Saat ini BRI menjadi bank utama penyaluran program KPMR di Provinsi Riau, untuk itu Gubernur Riau berharap kedepannya bank lainnya termasuk bank daerah juga turut berkontribusi dalam hal ini.

Sehingga dengan demikian diharapkan dapat memberikan manfaat dan mempermudah masyarakat Riau dalam memperoleh biaya permodalan tanpa memberatkan masyarakat.

"Harapan saya juga bank yang ada di daerah kita ini bisa juga memanfaatkan program pemerintah ini, agar nanti rentenir berkurang atau rentenir hilang dari daerah kita karena rentenir ini jelas bunganya besar," ujarnya.

Dalam launching itu, turut hadir Asisten II Setda Provinsi Riau, Evarefita, Karo Ekonomi Pemprov Riau, John Armedi Pinem, Kepala OJK Riau, Yusri, Pimpinan Kantor Wilayah BRI Pekanbaru, Mochamad Suratin, serta tamu undangan lainnya.(lipo*3/mcr)



Berita Lainnya :
 
  • Anies dan Zulkifli Hasan Bertemu Malam-malam, Bahas Apa?
  • 849 Napi Pekanbaru Dapat Remisi Idulfitri 1442 Hijriah
  • Polisi Tangkap Bandar Sabu Senilai 400 Miliar dari Jaringan Timur Tengah
  • Mulai 14 Mei, Sejumlah Destinasi Wisata di Sumbar Akan Ditutup
  • TNI Terlibat Baku Tembak dengan KKB, Dua Orang Tewas
  • Riau Kembali Tempati Peringkat Dua Kasus Positif Corona Secara Nasional
  • Total Suspek Covid-19 di Riau Mencapai 87.793 orang, Ribuan Orang Masih Jalani Isolasi
  • Narapidana di Riau Peroleh Remisi & Pembebasan dari Menkumham
  • Perkuat Daya Tahan Tubuh, Yuk Minum Wedang Jahe hingga Kayu Manis
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index