Jumat, 25 Juni 2021
Follow:
 
Perkuat Daya Tahan Tubuh, Yuk Minum Wedang Jahe hingga Kayu Manis

elpi | Lifestyle
Kamis, 13/05/2021 | 05:59:41 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
 
LIPO - DAYA tahan tubuh adalah hal yang utama di masa pandemi covid-19 ini. Semua orang wajib menjaganya agar tidak terserang virus penyakit. Ada beberapa cara menjaga daya tahan tubuh, salah satunya mengonsumsi minuman herbal.

Apa saja bahan-bahan yang bisa dibuat menjadi minuman herbal untuk memperkuat daya tahan tubuh? Berikut tujuh di antaranya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

1. Wedang jahe

Wedang jahe mengandung beragam molekul antioksidan untuk tangkal penyakit. Rebusan jahe ini memiliki sifat antiradang, merangsang sistem imun, serta terbukti mengatasi mual dan meredakan nyeri akibat menstruasi. Wedang jahe juga bisa mencegah tukak lambung dan meredakan sembelit.

2. Empon-empon

Empon-empon dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal covid-19. Akibatnya empon-empon kini laris manis di pasaran, diserbu masyarakat. Pada dasarnya empon-empon merupakan rempah-rempah kelompok rimpang seperti kunyit, temulawak, serta jahe yang merupakan obat-obatan tradisional peninggalan nenek moyang.

Beberapa tanaman herbal jenis rimpang ini telah diteliti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, maupun antivirus. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, empon-empon bisa dibuat sendiri di rumah.

3. Wedang uwuh

Wedang uwuh bisa meningkatkan sistem imun karena menggunakan jahe. Jahe yang berwarna merah, memiliki senyawa gingerol dan shogaol cukup tinggi, yang mana berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Selain meningkatkan kekebalan, minuman ini mengandung antiinflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan. Risiko penyakit degeneratif dapat diminimalkan dengan konsumsi wedang uwuh. Khasiat wedang uwuh lainnya adalah menurunkan kolesterol, antibiotik alami, mengatasi masalah pencernaan, hingga menstabilkan tekanan darah.

4. Wedang sereh

Wedang sereh kaya akan efek antioksidan, antimikroba, hingga anti-peradangan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wedang sereh berpotensi untuk menurunkan risiko kanker. Konsumsi rutin wedang sereh layak dicoba untuk mereka yang sedang diet, karena memiliki efek diuretik dan berpotensi untuk turunkan berat badan.

5. Wedang kayu manis

Wedang kayu manis bisa memberikan manfaat baik untuk jantung. Kayu manis terbukti menurunkan tekanan darah, pengendalian trigliserida, kenaikan HDL atau kolesterol baik, serta kontrol terhadap LDL atau kolesterol jahat. Manfaat lainnya dari minuman ini antioksidan, terutama senyawa golongan polifenol untuk mengendalikan radikal bebas penyebab penyakit.

6. Wedang temulawak

Air rebusan temulawak membantu menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel hati, antioksidan, menurunkan kolesterol, hingga meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui.

7. Wedang kunyit

Wedang kunyit meningkatkan pencernaan dengan mempengaruhi kantong empedu untuk menghasilkan empedu dan enzim pencernaan lainnya yang diperlukan untuk pencernaan yang baik. Kurkumin, senyawa obat yang ditemukan dalam kunyit, diketahui dapat melawan gejala alzheimer. Minum air kunyit dapat memberikan keajaiban bagi jantung.

Kunyit adalah pembersih darah alami karena membantu mengeluarkan racun dari darah sehingga kulit sehat. Segelas air kunyit hangat dapat meredakan persendian dengan mengurangi peradangan. Air kunyit diketahui dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh, yang dapat berperan penting dalam proses penurunan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • PWI Riau Kembali Gelar UKW Angkatan XVII
  • Pemprov Riau Masih Tunggu Arahan Pusat untuk Penerimaan CPNS
  • Polres Siak Tangkap Pengedar Daun Ganja Kering
  • Sekdaprov Riau Minta OPD Gesa Realisasi DAK Fisik
  • Penguatan Literasi Kebijakan Perubahan Iklim Masyarakat Pulau Bengkalis
  • Dua Buronan Kejaksaan Agung Segera Dideportasi dari Singapura
  • Polda Sumut Amankan Pelaku Penembakan Wartawan
  • Ini Cara Pelaku Sektor Pariwisata Bertahan di Tengah Pandemi
  • Wabup Husni: Pemkab Siak Dukung Upaya KASN Selaraskan Tahapan Pengisian JPT Sesuai Aturan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index