Rabu, 28 Juli 2021
Follow:
 
BWS Sumatera III Mulai Bangun Pengaman Abrasi Pulau Bengkalis

elpi | Bengkalis
Sabtu, 12/06/2021 | 06:37:38 WIB
Kepala BWS Sumatera III Sahril pada acara kegiatan gebyar bagi hasil unit USP Bumdes Sukamaju Mandiri di kantor Bumdes Desa Sukamaju Kecamatan Bantan Jumat (11/06/2021)./ist
TERKAIT:
 
 
BENGKALIS, LIPO - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III dibawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun pengaman Abrasi Pantai di pesisir utara pulau Bengkalis dan Rupat. 

Khusus untuk Kabupaten Bengkalis, pada tahun 2021 mendapat perhatian serius. Yakni ada 4 dari 7 program BWS Sumatera III di Riau dilaksanakan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan.

"Tahun ini kami ada 7 kegiatan. 4 diantaranya ada di Kabupaten Bengkalis. Ini adalah bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap Kabupaten Bengkalis," ujar Kepala BWS Sumatera III Sahril pada acara kegiatan gebyar bagi hasil unit Usaha Simpan Pinjam (USP) Badan usaha milik desa (Bumdes) Sukamaju Mandiri di kantor Bumdes Desa Sukamaju Kecamatan Bantan Jumat (11/06/2021).

4 program tersebut yakni di Kecamatan Rupat Desa Teluk Rhu dan Kecamatan Bantan Desa Pambang Baru, Pambang Pesisir dan Bantan Air. Sementara sisanya 1 di Kabupaten Rokan Hilir dan 2 di Kepulauan Meranti. 

Selain itu, Sahril juga menyebut pihaknya tengah merencanakan penambahan air baku di Kecamaten Bengkalis tepatnya di Desa Wonosari. 

"Nanti kami akan melakukan  fisiknya, kami berharap setelah itu bisa terbangun dan menambah air baku masyarakat minimal 50 liter per detik," pungkasnya. 

Kemudian disampaikan Sahril dirinya sangat mengapresiasi kesigapan Pemkab Bengkalis akan pemanfaatan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) salah satunya melalui PUPR guna memakmurkan Negeri Junjungan. 

"Kami berterima kasih atas dukungan Pemkab Bengkalis terhadap rencana pemerintah pusat untuk kegiatan pembangunan di Kabupaten Bengkalis. Juga terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung. Artinya kami lihat antusias Pemkab terutama yang didanai APBN itu cukup tinggi," ujarnya. 

Menyambut kehadiran rombongan WBS Sumatera III yang sebelumnya telah melakukan tinjauan disejumlah wilayah di Kabupaten Bengkalis ini Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Wabup Bagus Santoso menyatakan dukungan penuh. 

"Kita patut mendukung dan berterima kasih menerima dengan sepenuh hati terhadap program WBS Sumatera III. Apalagi abrasi menjadi sebuah bencana bagi pulau ini," ujar Bagus Santoso. 

Dengan hadirnya WBS Sumatera III lanjut Bagus Santoso, maka abrasi akan teratasi. Oleh karenanya Wabup mengajak sinergitas semua pihak terkait termasuk masyarakat untuk mendukung hal baik ini. 

Orang nomor dua di Negeri Junjungan ini mengajak  masyarakat untuk tidak sekedar menunggu bantuan saja, namun juga mulai menjaga dengan kekuatan mandiri. 

"Kedepan kami Pemkab Bengkalis terus berharap dukungan dan bantuan dari PUPR pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera III sehingga semua permasalah abrasi bisa teratasi," pinta Wabup.(lipo*3/rls)



Berita Lainnya :
 
  • Buka Muscab PKB Rohul, Abdul Wahid Dipukau Anak Muda Milenial
  • Soal Vaksin, Jubir Satgas COVID-19 Riau Minta Daerah Bersabar
  • Harga TBS Sawit Tancap Gas Naik, Ini Daftar Harganya
  • Sinergi Telkomsel dan Gojek Terus Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi
  • Pemkab Siak Bersama PT RAPP Tandatangani MoU Program Desa Bebas Api
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index