Rabu, 28 Juli 2021
Follow:
 
Drama Adu Finalti
Kalahkan Inggris, Italia Juara Piala Eropa 2020

elpi | Sport
Senin, 12/07/2021 | 06:19:47 WIB
Itali juara/int
TERKAIT:
 
 
LONDON, LIPO - Tim Nasional (Timnas) Italia memastikan diri menjadi juara Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Inggris di final  pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Kemenangan Italia itu baru dapat dipastikan melalui babak adu penalti karena di waktu normal hingga babak tambahan, kedua tim sama kuat 1-1.

Pada babak adu penalti, Italia pun menang dengan skor 3-2 atas Inggris. Dua penendang Gli Azzurri gagal memasukkan bola, sementara Inggris justru gagal mencetak tiga gol dari tendangan yang percayakan kepada Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Stadion Wembley, London, Italia sejatinya bermain baik di menit awal pertandingan final Piala Eropa 2020 tersebut. Namun, Inggris yang mengawali serangan balik setelah sepak pojok Italia langsung bisa membuat gawang Gli Azzurri bergetar.

Berawal dari Kieran Tripper yang memberikan umpan kepada Shaw yang berada di sisi kanan pertahanan Inggris, bola langsung dilepaskan pemain Manchester United itu dengan melewati sisi sempit dari tiang dekat Gianluigi Donnarumma.

Gara-gara gol Shaw itulah untuk saat ini Inggris unggul 1-0 atas Italia. Menariknya, apa yang dilakukan Shaw itu menjadi gol tercepat dalam sejarah final Piala Eropa 2020.

Jadi, tak heran jika Shaw merasa senang, terutama karena ia berhasil membuat Inggris unggul atas Italia di babak pertama. Setelah gol Shaw itu, Inggris kembali terus menekan Italia. Bisa dikatakan 30 menit pertama menjadi milik The Three Lions.

Kendati begitu, secara penguasaan bola dan penciptaan peluang, Italia jauh lebih unggul dari skuad asuhan Gareth Southgate tersebut. Hampir 60 persen penguasaan bola dimiliki oleh Italia dan mereka mampu menciptakan tiga peluang.

Sayangnya ketiga peluang itu tak ada yang mengarah tepat ke gawang Inggris kawalan Jordan Pickford. Sementara Inggris hanya bisa menciptakan satu peluang, yang mana itu adalah gol yang diciptakan Shaw.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Italia masih menjadi tim yang paling mendapatkan peluang menyerang ketimbang Inggris. Melalui Federico Chiesa, sejumlah tendangan hampir saja membuat Italia menyamakan kedudukan.

Untungnya Inggris memiliki kiper andal, yakni Pickford yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang, terutama dari ancaman Chiesa. Inggris yang semakin digempur membuat pertahanan mereka pada akhirnya jebol juga.

Tepatnya pada menit 67, Italia sukses menyamakan kedudukan melalui aksi gol Leonardo Bonucci. Bek Timnas Italia sukses memanfaatkan kemelut yang berada di depan gawang Inggris. Bonucci yang berdiri bebas langsung menghampiri bola dan menyundul bola hingga Pickford gagal mengantisipasinya.

Awalnya kemelut sendiri terjadi dari tendangan sepak pojok Lorenzo Insigne. Pada saat itu bola mengarah ke Verratti dan sempat diantisipasi Pickford. Namun Bonucci hadir dan menghancurkan keunggulan Inggris. Dengan gol Bonucci itu, maka kini Italia vs Inggris sama kuat sejak menit 67.

Bek Timnas Italia sukses memanfaatkan kemelut yang berada di depan gawang Inggris. Bonucci yang berdiri bebas langsung menghampiri bola dan menyundul bola hingga Pickford gagal mengantisipasinya.

Awalnya kemelut sendiri terjadi dari tendangan sepak pojok Lorenzo Insigne. Pada saat itu bola mengarah ke Verratti dan sempat diantisipasi Pickford. Namun Bonucci hadir dan menghancurkan keunggulan Inggris. Dengan gol Bonucci itu, maka kini Italia vs Inggris sama kuat sejak menit 67.

Babak Tambahan

Pada awal babak tambahan, Italia dan Inggris sama-sama memasukkan pemain baru. Jika Italia menurunkan Manuel Locatelli, maka Inggris memainkan Jack Grealish di awal babak tambahan tersebut.

Italia masih mendominasi pertandingan hingga babak tambahan berakhir dengan total 61 persen. Gli Azzurri bahkan mampu mencetak 20 tembakan total dari keseluruhan lagi, tapi tetap saja tak ada yang bisa mencetak gol di babak tambahan.

Inggris sendiri justru gagal mencetak peluang sama sekali yang tepat mengarah ke gawang Italia. Jadi, dapat dipastikan Italia jauh lebih mendominasi.

Tak lama laga pun berakhir dengan skor masih sama kuat 1-1. Mau tak mau babak penalti harus dimainkan.

Babak Adu Penalti

Italia-Inggris

Domencio Berardi (O) Harry Kane (O)

Andrea Belotti (X)  Harry Maguire (O)

Leonardo Bonucci (O)  Marcus Rashford (X)

Federico Bernardeschi (O)  Jadon Sancho (X)

Jorginho (X)  Bukayo Saka (X)

Berikut Susunan Pemain

Italia XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson Palmieri (Alessandro Florenzi 118’); Nicolo Barella (Bryan Cristane 54’), Jorginho, Marco Verratti (Manuel Locatello 96’); Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 86’), Ciro Immobile (Domenico Berardi 55’), Lorenzo Insigne.

Cadangan: Sirigu, Meret, Locatelli, Belotti, Berardi, Pessina, Acerbi, Cristante, Bernardeschi, Bastoni, Florenzi, Toloi.

Pelatih: Roberto Mancini

Inggris (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker (Jadon Sancho 120’), Harry Maguire, John Stones; Kieran Trippier (Bukayo Saka 71’), Kalvin Phillips, Declan Rice (Jordan Henderson 74’), Luke Shaw; Mason Mount (Jack Grealish 99’), Harry Kane, Raheem Sterling.

Cadangan: Ramsdale, Johnstone, Grealish, Henderson, Rashford, Mings, Coady, Sancho, Calvert-Lewin, James, Saka, Bellingham.

Pelatih: Gareth Southgate.(lipo*3/okz)




Berita Lainnya :
 
  • Buka Muscab PKB Rohul, Abdul Wahid Dipukau Anak Muda Milenial
  • Soal Vaksin, Jubir Satgas COVID-19 Riau Minta Daerah Bersabar
  • Harga TBS Sawit Tancap Gas Naik, Ini Daftar Harganya
  • Sinergi Telkomsel dan Gojek Terus Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi
  • Pemkab Siak Bersama PT RAPP Tandatangani MoU Program Desa Bebas Api
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index