Senin, 20 September 2021
Follow:
 
Masyarakat Dua Desa Dukung Keberadaan PT SIR

ELFI | Inderagiri Hulu
Jumat, 30/07/2021 | 01:53:02 WIB

TERKAIT:
 
 
INHU, LIPO - Puluhan masyarakat Desa Dusun Tua Pelang dan Desa Bongkal Malang, Kabapaten Inhu mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, untuk meninjau Audensi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) terkait dugaan Pencemaran Limbah PT Sawit Inti Raya (SIR) ke Sungai.

Mendengar adanya audensi dilakukan PMII, Dua Desa yang bersentuhan dengan PKS PT SIR tersebut datangi kantor DLH untuk memberikan dukungan keberadaan PKS. Pasalnya, perusahaan diangap banyak memberikan kontribusi ke Desa terutama menyerap tenaga tempatan. Disamping itu mereka menganggap selama ini Perusahaan tidak pernah melakukan pencemaran.

"Kami tidak pernah ribut dan menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan pencemaran limbah, justru kami mendukung atas keberadaan perusahaan di Desa kami," Ucap Aswadi Ketua BPD Desa Bongkal Malang, Senin (26/7/2021).

Masih kata Aswadi didampingi puluhan warga juga mengatakan, mulai beridirinya Pabrik PT SIR pihak perusahaan masih kooperatif dan tidak pernah membuat masalah, apalagi mencemari lingkungan.

"Jika ada yang mempermasalahkan pabrik PT. SIR itu bukan warga kami, kami tidak mau ada yang mengataskan nama Desa untuk kepentingan tidak jelas. Apalagi mempersoalkan limbah, selama ini kami merasa tidak ada laporan dari masyarakat terkait pencemaran limbah," Kata Aswadi (red).

Adapun tanggapan masyarakat Desa Dusun Tua Pelang, Kecamatan Kelayang Budi Wiranata mengatakan sama apa yang dikatakan Masyarakat Desa Bongkal malang, bahwasan nya keberadaan PT SIR sangat membantu masyarakat tempatan dan selama ini tidak pernah mendengar adanya dugaan pencemaran lingkungan.

Disisi lain Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Saiful Bahri melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan sampah limbah dan peningkatan kapasitas DLH Inhu Joni Maryanto mengatakan, kedatangan beberapa mahasiswa yang tergabung dalam PMII ke Kantor DLH hanya Audensi mempertanyakan perkembangan penanganan dugaan Pencemaran limbah ke sungai di Kecamatan Kelayang tepatnya di Dusun Tua Pelang.

Dalam penjelasan Kabid, tindakan audensi ini kelanjutan atas beredarnya pemberitaan dugaan pencemaran di Medsos. Atas hal ini, Tim Dinas DLH sudah melakukan klarifikasi di lapangan namun saat ditinjau ke lokasi yang diduga tercemar tidak menemukan pencemaran lingkungan oleh PT SIR.

"Mahasiswa yang tergabung di PMII datang melakukan audensi saja, karena masih dalam pandemi hanya perwakilan yang hadir sebanyak 5 orang. Terkait sungai yang dicemari setelah pihak dinas DLH turun kelapangan pada awal bulan juli tahun 2021 tidak menemukan dugaan pencemaran yang dilakukan PT SIR, karena di hulu dan hilir sungai itu bukan Desa Dusun Tua pelang, disitu aja sudah tidak benar dan mahasiswa yang tergabung dalam PMII tidak pernah melihat langsung lokasi yang diduga dicemari,"Jelas Kabid Jony Maryanto saat dikonfirmasi diruang kerja nya.

Bahkan Kabid Jony Maryanto juga menjelaskan dalam uji air sungai di lapangan dari DLH sejauh ini tidak ada pencemaran, untuk Kadar Oksigen Terlarut (DO) sendiri 7 dan PH air 4,5.

"Dalam pengawasan dan verifikasi dilapangan yang juga disaksikan bersama masyarakat setempat kita harus berbicara data akurat, intinya tidak ditemukan pencemaran. Namun untuk keterbukaan kita dari dinas sudah menjelaskan Audensi kepada adik-adik PMII, itu artinya kritik dan saran tetap diterima demi kebaikan sesama," tutup Joni Maryanto.(*15)



Berita Lainnya :
 
  • Bayar Parkir di Kawasan Protokol Pekanbaru Kini Pakai Scan Barcode. Begini Caranya
  • Telkomsel Berkolaborasi dengan Zoom Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau
  • Waka Polres Kuansing Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2021
  • Satreskrim Polres Siak Berhasil Ungkap Pelaku Penipuan Ratusan Juta
  • Lantik 37 Penjabat Penghulu, Ini Pesan Wabup Siak
  • Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
  • Diduga Korupsi Hibah Alat Kesehatan, Polda Riau Tahan Kadiskes Meranti
  • Jaga Ketat Bandara, Menhub Tak Ingin RI Kebobolan WNA Positif Covid-19
  • Tes SKD Calon ASN Kota Pekanbaru Akan Dilaksanakan Mulai 29 September di SKA CoEx
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index