Minggu, 28 November 2021
Follow:
 
Waw, Harga Sawit Naik Lagi, Sekarang Rp2.814,8 Per Kilogram

elpi | Ekonomi
Rabu, 15/09/2021 | 06:26:34 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
PEKANBARU, LIPO - Harga TBS kelapa sawit di Provinsi Riau, periode 15 – 21 September 2021, mengalami kenaikkan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 14,22/Kg.

"Ada kenaikan harga mencapai 0,51 persen dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.814,8 per Kg. Ini harga tertinggi dalam sejarah," Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (13/9/2021).

Ia menjelaskan naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Untuk harga jual CPO, PT. PTPN V mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 80,90/Kg, sementara PT. Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 271,00/Kg.

Adapun   PT. Astra Agro Lestari mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 67,00/Kg, PT. Asian Agri mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 83,13/Kg,  PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 31,00/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual Kernel, PT. Astra Agro Lestari mengalami penurunan harga sebesar Rp. 100,00/Kg, PT. Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp. 34,00/Kg, PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp. 13,72/Kg dari harga minggu lalu.

"Sementara, dari faktor eksternal, Setelah menjalani tren koreksi, akhirnya harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) bangkit pada perdagangan jelang siang hari ini Ke depan. Meski demikian, kenaikan ini belum bisa membalik tren negatif yang dialami harga CPO. Dalam sepekan terakhir, harga masih terkoreksi 0,32% secara piunt-to-point. Namun sepertinya harga CPO sudah mulai stabil," jelasnya.(lipo*3/mcr)



Berita Lainnya :
 
  • JPU Kejari Kuansing Resmi Lakukan Perlawanan Atas Putusan Hakim Membebaskan IAL
  • Polres Siak Tangkap 2 Orang Pengedar Sabu, 1 Orang DPO
  • Sisir Otak Pelaku, Densus 88: Penangkapan Terduga Teroris Disertai Bukti yang Cukup
  • Sita Rp8,95 Milliar Dari Kasus Anak Usaha BUMN, Polda Metro Jaya Belum Tetapkan Tersangka
  • Erick Thohir Dorong BUMB Kolaborasi Pembangunan Infrastruktur Turis Lokal di Riau
  • Mau Disamakan Seperti FPI, Kader PP Riau Unjuk Rasa Minta Junimart Girsang Dicopot
  • Polres Siak Tangkap Pelaku Ilegal Logging, Diduga Babat Cagar Biosfer Giam
  • Bupati Siak Hadiri Peresmian Markas Kodim 0322/Siak
  • Dua Camat Diprediksi Duduki Kursi Kadis di Pemko Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index