Minggu, 28 November 2021
Follow:
 
5 Aturan Baru PPKM Berlaku Mulai Hari Ini

elpi | Nasional
Selasa, 19/10/2021 | 06:34:37 WIB
PPKM/int
TERKAIT:
 
 
Jakarta, LIPO - Pemerintah memperpanjang PPKM berlevel. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada sejumlah aturan yang disesuaikan seiring perkembangan COVID-19 yang terus membaik.

"Seiring dengan kondisi situasi COVID-19 yang semakin baik, ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang mulai dapat diberlakukan pada periode PPKM ini," kata Luhut dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Berikut daftar penyesuaian aktivitas PPKM kali ini:

1. Tempat Bermain dalam Mal Boleh Dibuka

Luhut mengatakan tempat permainan anak di mal atau pusat perbelanjaan boleh dibuka di daerah PPKM level 2. Akan tetapi harus ada aturan yang harus dipenuhi.

"Kami mensyaratkan untuk tempat bermain anak harus mencatat nomor telepon serta alamat orang tua pada waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing," kata Luhut.

2. Kapasitas Bioskop Jadi 70%

Pemerintah juga menyesuaikan kapasitas untuk bioskop. Pada daerah PPKM level 2 dan 1, kapasitas bioskop menjadi 70%.

"Kapasitas bioskop untuk level 1 dan 2 bisa dinaikkan menjadi 70%, dan anak-anak diperkenankan masuk bioskop untuk level 1 dan 2," ujar Luhut.

3. Aturan Sopir Angkutan Logistik

Lebih lanjut, Luhut mengatakan bagi sopir angkutan logistik telah divaksin Corona dua kali, dapat menggunakan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik.

"Sopir logistik yang menjadi isu kemarin, dan kami sudah ketemu mereka, yang sudah vaksin dua kali dapat menggunakan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik," terang Luhut.

Selain itu, Luhut mengatakan, bakal ada random testing kepada para sopir angkutan logistik.

"Kami mengimbau bila ada sopir logistik yang merasa tidak nyaman dengan kondisinya segera melaporkan diri untuk diperiksa," kata Luhut yang juga koordinator PPKM wilayah Jawa dan Bali.

4. Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Tempat Wisata

Bagi anak-anak usia di bawah 12 tahun, Luhut mengatakan bahwa pemerintah telah membolehkan mereka untuk masuk ke tempat wisata. Hal itu berlaku di daerah PPKM level 2.

"Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk ke tempat wisata di level 2 yang dapat menggunakan PeduliLindungi dengan didampingi orang tua," sebut Luhut.

Selain itu, Luhut mengatakan pemerintah juga akan menambah uji coba tempat wisata di kabupaten/kota level 3. Penambahan itu sesuai dengan izin Kemenparekraf.

Luhut juga menjelaskan mengenai wisata air. Wisata air dapat dibuka pada kabupaten/kota level 2 dan 1.

Jangan Abai Prokes

Luhut menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyorot terkait sudah banyaknya kegiatan yang mengabaikan protokol kesehatan. Salah satu kegiatan yang disebut mengabaikan prokes yaitu pernikahan.

"Presiden tadi mengingatkan juga sudah banyak kegiatan-kegiatan yang kadang-kadang agak mengabaikan protokol kesehatan, baik itu di pernikahan maupun di tempat ... atau pun kegiatan-kegiatan lain," ujar Luhut.(lipo*3/okz)




Berita Lainnya :
 
  • JPU Kejari Kuansing Resmi Lakukan Perlawanan Atas Putusan Hakim Membebaskan IAL
  • Polres Siak Tangkap 2 Orang Pengedar Sabu, 1 Orang DPO
  • Sisir Otak Pelaku, Densus 88: Penangkapan Terduga Teroris Disertai Bukti yang Cukup
  • Sita Rp8,95 Milliar Dari Kasus Anak Usaha BUMN, Polda Metro Jaya Belum Tetapkan Tersangka
  • Erick Thohir Dorong BUMB Kolaborasi Pembangunan Infrastruktur Turis Lokal di Riau
  • Mau Disamakan Seperti FPI, Kader PP Riau Unjuk Rasa Minta Junimart Girsang Dicopot
  • Polres Siak Tangkap Pelaku Ilegal Logging, Diduga Babat Cagar Biosfer Giam
  • Bupati Siak Hadiri Peresmian Markas Kodim 0322/Siak
  • Dua Camat Diprediksi Duduki Kursi Kadis di Pemko Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index