Minggu, 28 November 2021
Follow:
 
Satgas Sebut Kasus Covid-19 Selalu Melonjak jika Libur Panjang

elpi | Nasional
Selasa, 23/11/2021 | 06:10:19 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia selalu mengalami kenaikan setiap kali memasuki libur panjang. 

“Kita tidak bisa menutup mata, bahwa setiap kali ada liburan panjang disertai dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, tidak disertai dengan protokol kesehatan yang baik dan kedisiplinan yang rendah, pasti menyebabkan kenaikan kasus Covid-19,” kata Reisa. 

Reisa menyebutkan, pada hari libur Idul Fitri tahun 2020 lalu, terjadi penambahan kasus sebanyak 413 sampai 559 kasus atau besar persentase mencapai 68 hingga 93% kasus harian baru. 

Sedangkan pada saat libur Hari Maulid Nabi, Natal dan Tahun Baru 2020 kasus orang terkonfirmasi positif mengalami penambahan tajam mencapai 1.157 sampai 5.477 kasus harian baru atau sebesar 37 hingga 95%. 

Kemudian pada libur Idul Fitri tahun 2021, terjadi penambahan kasus sebanyak 1.972 kasus positif hingga 46.297 kasus dengan besar persentase 52 sampai 1.237% yang juga diakibatkan oleh adanya varian Delta pada saat itu. 

“Kita dapat mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru yang akan datang ini, kita harus mengerti bahwa risiko atau potensi terjadinya lonjakan kasus seperti yang pernah dialami sebelumnya,” ucap dia.

Guna mengantisipasi terulangnya kenaikan kasus, dia mengatakan pemerintah telah mengeluarkan larangan cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri dan pegawai BUMN yang akan diberlakukan mulai dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. 

Reisa juga mengatakan, bahwa dalam masa tersebut pemerintah akan terus menggencarkan 3T (testing, tracing, treatment) dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan lebih giat lagi. Sembari pemerintah mempertegas segala kebijakan untuk mencegah penularan Covid-19 lebih luas lagi, dia berharap masyarakat mau ikut bekerja sama untuk sesegera mungkin mendaftarkan diri untuk divaksinasi dan terus menjaga protokol kesehatan agar pandemi cepat berlalu. 

“Kita harus sama-sama tetap disiplin protokol kesehatan dan mempercepat vaksinasi supaya optimal perlindungannya di masyarakat. Jadi tidak ikut terbawa adanya gelombang-gelombang Covid-19 seperti di negara lain,” pungkasnya.(lipo*3/okz)




Berita Lainnya :
 
  • JPU Kejari Kuansing Resmi Lakukan Perlawanan Atas Putusan Hakim Membebaskan IAL
  • Polres Siak Tangkap 2 Orang Pengedar Sabu, 1 Orang DPO
  • Sisir Otak Pelaku, Densus 88: Penangkapan Terduga Teroris Disertai Bukti yang Cukup
  • Sita Rp8,95 Milliar Dari Kasus Anak Usaha BUMN, Polda Metro Jaya Belum Tetapkan Tersangka
  • Erick Thohir Dorong BUMB Kolaborasi Pembangunan Infrastruktur Turis Lokal di Riau
  • Mau Disamakan Seperti FPI, Kader PP Riau Unjuk Rasa Minta Junimart Girsang Dicopot
  • Polres Siak Tangkap Pelaku Ilegal Logging, Diduga Babat Cagar Biosfer Giam
  • Bupati Siak Hadiri Peresmian Markas Kodim 0322/Siak
  • Dua Camat Diprediksi Duduki Kursi Kadis di Pemko Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index