Sabtu, 28 Mei 2022
Follow:
 
Tak Efektif
WHO Rekomendasikan Pencabutan atau Pelonggaran Larangan Perjalanan Terkait Covid-19

elpi | Internasional
Jumat, 21/01/2022 | 09:37:04 WIB
WHO/int
TERKAIT:
 
 
NEW YORK, LIPO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu ini merekomendasikan agar negara-negara mencabut atau melonggarkan pembatasan perjalanan yang ada terkait Covid-19. 

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu mengatakan pembatasan dapat memperburuk beban sosial ekonomi terkait pandemi virus corona. Rekomendasi baru itu dibuat WHO hari Rabu (19/1) oleh Komisi Darurat Peraturan Kesehatan Internasional tentang Covid-19 setelah pertemuannya baru-baru ini. 

Laporan itu menyatakan negara-negara seharusnya mencabut larangan dan pembatasan karena komisi itu mendapati "larangan dan pembatasan tidak memberi nilai tambah dan terus membebani ekonomi dan sosial yang dirasakan" oleh warga.  

Komite menilai ketidakefektifan langkah tersebut dari waktu ke waktu. Laporan itu lebih jauh menguraikan langkah-langkah keselamatan perjalanan lainnya seperti pemakaian masker, pengetesan, isolasi mandiri/karantina, dan vaksinasi seharusnya didasarkan pada penilaian risiko untuk menghindari beban finansial yang berlebih pada wisatawan internasional. Sementara itu, WHO pekan ini merekomendasikan dua obat baru untuk mengobati Covid-19.

Obat pertama, baricitinib, sangat direkomendasikan untuk pasien Covid-19 yang parah atau kritis. Obat itu diminum secara oral dan biasanya digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis. 

WHO merekomendasikan agar diberikan dengan kortikosteroid. WHO juga merekomendasikan secara bersyarat penggunaan obat antibodi monoklonal sotrovimab untuk mengobati pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau sedang dan berisiko tinggi dirawat di rumah sakit.

Itu termasuk pasien usia lanjut, pengidap penyakit terkait kekebalan tubuh, pengidap penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas, dan i mereka yang tidak divaksinasi.(lipo*3/okz)




Berita Lainnya :
 
  • Tim Tabur Kejaksaan Berhasil Menangkap Buronan Kasus Penggelapan di Jatim
  • Sederhana, Toleransi, Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa
  • Diguyur Anggaran Ratusan Miliar, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan
  • Gubri Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Buya Syafii Maarif
  • GPMPPK Gelar Demo di Kejagung RI, Desak Kejaksaan Ungkap Kasus Dana Hibah Siak
  • Ikuti Bimtek & Studi Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, ini Harapan Alfedri
  • Ketua DPRD Kuansing Ajak Semua Warga Jadi Duta Wisata untuk Negeri Sendiri
  • Janji Tinggal Janji.... Mantan Honorer di Kuansing Riau Gembok Pagar Kantor Camat
  • Indonesia Berduka, Ulama Kharismatik Buya Syafii Maarif Dikabarkan Wafat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index