Sabtu, 28 Mei 2022
Follow:
 
Heboh! Otoritas Keamanan Pangan Mesir Nilai Indomie Tidak Layak Dikonsumsi

Elfi | Internasional
Jumat, 29/04/2022 | 16:34:27 WIB
ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Otoritas Keamanan Pangan Mesir (FSA) memberikan waktu 48 jam kepada Indomie Mesir untuk menarik beberapa produknya dari pasar dengan alasan produk tersebut dianggap tidak aman untuk dikonsumsi.

Seperti lansiran beritasatu.com yang dikutip dari Ahram Online, Rabu (27/4/2022), bahwa beberapa varian rasa dari Indomie dinilai tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

“Pihak berwenang mengumumkan pada hari Selasa bahwa mie instan rasa ayam dan sayuran Indomie, serta mie instan dengan bungkus cabai “tidak layak untuk dikonsumsi manusia,” lapor Ahram Online.

Disebutkan, bahwa tes keamanan pangan menemukan bahwa paket cabai Indomie dan paket rasa ayam dan sayuran mengandung “aflatoksin dan residu pestisida dalam jumlah yang melebihi batas aman.” Namun selain ketiga produk tersebut, mi instan Indomie umumnya ditemukan aman untuk dikonsumsi manusia.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh FSA, uji keamanan pangan berkala mengungkapkan paket cabai Indomie dan paket rasa ayam dan sayuran ditemukan tidak sesuai untuk konsumsi manusia karena adanya aflatoksin dan residu pestisida dalam jumlah yang melebihi batas aman.

FSA menyatakan bahwa setelah temuannya, mereka memutuskan untuk menarik produk yang dipermasalahkan dari rantai pasokan makanan, melarang penjualan paket cabai dan rasa yang tidak sesuai, dan memberi Indomie Mesir waktu 48 jam untuk menarik produk dari seluruh rak-rak toko.

FSA juga memerintahkan perusahaan untuk menghapus klaim kandungan vitamin B, zat besi, seng dan kalsium pada paket produknya. Otoritas memerintahkan Indomie Mesir untuk berhenti berurusan dengan perusahaan yang memproduksi bubuk cabai sampai tindakan korektif diambil untuk memastikan bahwa produk tersebut bebas dari kontaminan dan patogen.

Menurut pernyataan itu, Indomie Mesir telah menarik 733.340 karton mie instan rasa sejak diberitahu tentang keputusan FSA.

Selain menarik produk yang tidak sesuai, Indomie Mesir juga menawarkan mi instan tanpa sambal.

Perusahaan Indonesia, Indomie adalah merek mi instan populer di Mesir yang meresmikan pabrik pertamanya di Mesir pada tahun 2009. Awal April lalu, tersebar keluhan para orang tua Mesir tentang anaknya yang jatuh sakit setelah makan mi instan itu. (*1)


Sumber: ahram Online/beritasatu.com




Berita Lainnya :
 
  • Tim Tabur Kejaksaan Berhasil Menangkap Buronan Kasus Penggelapan di Jatim
  • Sederhana, Toleransi, Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa
  • Diguyur Anggaran Ratusan Miliar, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan
  • Gubri Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Buya Syafii Maarif
  • GPMPPK Gelar Demo di Kejagung RI, Desak Kejaksaan Ungkap Kasus Dana Hibah Siak
  • Ikuti Bimtek & Studi Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, ini Harapan Alfedri
  • Ketua DPRD Kuansing Ajak Semua Warga Jadi Duta Wisata untuk Negeri Sendiri
  • Janji Tinggal Janji.... Mantan Honorer di Kuansing Riau Gembok Pagar Kantor Camat
  • Indonesia Berduka, Ulama Kharismatik Buya Syafii Maarif Dikabarkan Wafat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index