Ratusan Mahasiswa Demo Kejati Riau Persoalkan Lahan Surya Dumai Group

Demo Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Kota Pekanbaru di Kejati Riau/ist

LIPO - Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Kota Pekanbaru menggelar aksi demo di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, pada Rabu (14/09/22), sekira pukul 13.30 wib. 

Massa berorasi sambil membentangkan spanduk bertuliskan "Tangkap!!! Martias Fangiono alias Pung Kian Hwa, Bos PT Surya Dumai Group (SDG)."

Aksi massa tersebut tampak dikawal personel Kepolisian. 

Dalam orasinya, massa meminta Kejati Riau segera mengusut dan memeriksa status lahan milik PT Ciliandra Perkasa dan PT Riau Agung Karya Abadi (RAKA), yang diduga merupakan anak PT SDG.

"Meminta bapak Kajati Riau Dr Supardi menyusut dugaan pelanggaran atas penggunaan lahan oleh PT Ciliandra Perkasa dan PT Riau Agung Karya Abadi," Kata BEM Fakultas Ekonomi Unilak, Irvan Ardiansah, dalam orasinya. 

Disamping itu, mereka juga menuntut Kajati Riau agar memeriksa status lahan yang digunakan oleh PT Ciliandra Perkasa,  PT Riau Agung Karya Abadi dan PT Surya Dumai Group (SDG). 

Menurut massa aksi, PT SDG diduga telah menyalahi aturan terhadap penanaman sawit di lahan yang belum ada pelepasan kawasannya. Akibatnya, diduga telah melanggar dan merusak status kawasan yang tidak seharusnya ditanami sawit.

Atas sejumlah dugaan pelanggaran tersebut, mereka meminta aparat hukum menerapkan hukum yang berlaku terhadap ketiga perusahaan tersebut.

"Kami menduga kasus pelanggaran hukum yang terjadi oleh ketiga perusahaan tersebut perlu kiranya diselidiki oleh Kejati Riau," Kata Mahasiswa dengan Korlap Ridho Oktrian Maskha. 

"Kami juga sampaikan agar pemilik (bos) PT Surya Dumai Group (SDG) atas nama Marthias alias Pung Kian Hwa agar dapat diperiksa atas apa yang diperbuat melalui perusahaannya. Kami inginkan tidak ada lagi mafia yang merusak alam di Provinsi Riau ini," Demikian tuntutan massa aksi. 

Setelah menyerahkan tuntutannya kepada pihak Kejati Riau, puluhan massa langsung membubarkan diri dengan tertib. (*3) 



TERKAIT