Dua Belas Pelaku Industri Malaysia Rebut Penghargaan Bergengsi, Asean Energy Award 2022

Dua Belas Pelaku Industri Malaysia Rebut Penghargaan Bergengsi, Asean Energy Award 2022

LIPO - Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (KeTSA) Malaysia hari ini mengumumkan keberhasilan Malaysia merebut 12 penghargaan dalam berbagai kategori di ajang ASEAN Energy Awards 2022 (AEA). 

Digelar di Kamboja, pada Selasa (20/09/22), AEA adalah penghargaan tertinggi di Asia Tenggara yang mengapresiasi keunggulan dan upaya kelembagaan dalam pengelolaan, praktik, dan efisiensi energi berkelanjutan di tingkat regional.

Malaysia diwakili 22 organisasi dalam berbagai kategori di AEA, dan meraih sembilan penghargaan dalam kategori "ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Award 2022". Dalam kategori "ASEAN Renewable Energy Projects Awards 2022", Malaysia berhasil merebut tiga penghargaan.

Inisiatif ASEAN Centre for Energy (ACE) dan penghargaan bergengsi AEA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang praktik terbaik dalam menghemat penggunaan energi di gedung, perusahaan, dan tempat lain. Penghargaan ini memotivasi pelaku bisnis untuk menggunakan clean coal technology (CCT), menerapkan efisiensi energi, dan perkembangan sumber energi terbarukan yang lebih berdaya tahan, berkelanjutan, dan terbarukan.

"Prestasi Malaysia di ajang AEA membuktikan kebijakan energi berkelanjutan di negara ini telah menjadi realitas. Kami berharap penghargaan ini akan mendorong partisipasi lokal untuk menjalankan praktik energi berkelanjutan yang akan mempersiapkan perusahaan menghadapi masa depan," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Malaysia, Yang Berhormat Datuk Seri Takiyuddin Hassan.

"Ambisi Malaysia mencapai emisi nol karbon pada 2050 konsisten dengan target AEA. Kami juga mendorong berbagai industri agar beralih menuju sumber energi terbarukan sebagai alternatif dari bahan bakar fosil, dan langkah ini menempatkan kami pada jalur yang tepat untuk memenuhi kriteria keberlanjutan global," jelas Yang Berhormat Datuk Seri Takiyuddin Hassan.

Penghargaan ini memperlihatkan ide dan teknik inovatif dalam praktik pengelolaan energi yang efisien, konservasi energi, serta produktivitas di perusahaan dan gedung lokal. ACE mencerminkan kepentingan energi 10 negara anggota ASEAN sebagai lembaga antarpemerintah dalam naungan ASEAN.

TENTANG MALAYSIA NATIONAL ENERGY AWARDS (NEA)

National Energy Awards (NEA) adalah ajang penghargaan yang mengapresiasi dan menganugerahi pemimpin sektor jasa energi di Malaysia yang telah mengadopsi dan mempraktikkan praktik energi berkelanjutan.

Sejalan dengan target Malaysia untuk mempromosikan sektor energi sebagai sektor baru dalam pertumbuhan ekonomi, NEA juga mempromosikan praktik dan inovasi terbaik dari proyek dan organisasi lokal.

NEA juga menjadi sarana yang mengapresiasi dampak positif, praktik terbaik, serta perkembangan inovatif yang sesuai dengan standar internasional guna mempersiapkan industri menghadapi masa depan. (*1) 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index