Telusuri Sungai 6 Jam Demi Masyarakat Talang Mamak, Ini yang Dilakukan Kapolres Inhu

INHU, LIPO - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si mengantarkan langsung bantuan sembako untuk suku Talang Mamak, Selasa (20/09/22) kemarin. 

Dengan menelusuri sungai, rombongan Kapolres Inhu menghabiskan waktu lebih kurang 6 jam agar bisa mencapai masyarakat Talang Mamak yang masuk dalam wilayah Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu. 

Kegiatan bakti sosial Polres Inhu tersebut dilaksanakan di beberapa titik, selain di wilayah suku Talang Mamak, juga dibagikan di Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal. 

Dalam kegiatan Baksos ini, Polres Inhu juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu, dalam melaksanakan stunting, vaksinasi, imunisasi dan pengobatan massal di daerah pedalaman.

Kapolres Inhu, melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, menjelaskan, Kapolres Inhu didampingi Polsek Batang Gansal, Dinkes Inhu dan Puskesmas Batang Gansal berangkat dari Kantor Puskesmas Batang Gansal pukul 07.30 wib hingga pukul 20.30 wib. 

Pada pukul 13.00 wib, titik pertama, Kapolres beserta rombongan tiba di titik pertama, yaitu di Masjid Al-Muhajirin, milik Ustadz Abdul Somad (UAS) Dusun Aer Bumba Desa Rantau Langsat, kemudian memberikan himbauan serta maksud dan tujuan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. 

Setelah itu dilaksanakan kegiatan stunting, vaksinasi, imunisasi dan pengobatan sekaligus menyerahkan bantuan dari Kapolres kepada masyarakat yang sudah dikumpulkan terlebih dahulu.

"Kapolres dan rombongan sampai ke titik pertama memakan waktu lebih kurang 6 jam perjalanan dan bergeser menuju lokasi kedua di Dusun Swit Desa Rantau Langsat dengan menempuh perjalanan air lagi selama lebih kurang 1 jam. Di Titik kedua, masyarakat, khususnya anak-anak sangat antusias untuk diperiksa darahnya, vaksinasi, imunisasi serta pengobatan, setelah Kapolres memberikan himbauan tentang pentingnya menjaga kesehatan," Jelas Aipda Misran.

Masih kata Misran, Kapolres dan rombongan juga menelusuri sungai gansal untuk menjangkau rumah pemukiman di pedalaman memberikan bantuan paket sembako berisi beras, gula, minyak goreng serta bahan kebutuhan harian lainnya.

"Tampak rasa syukur dan bahagia dari raut wajah puluhan masyarakat suku Talang Mamak ketika menerima bantuan. Hal ini menjadi pengobat lelah dan kepuasan tersendiri bagi Kapolres Inhu bisa menyambangi masyarakat suku talang mamak lebih kurang memakan waktu kegiatan di rantau langsat 12 jam," Tutup Misran.

Turut mendampingi Kapolres Inhu ketika kegiatan itu, Kapolsek Batang Gansal, Ipda Donni Widodo Siagian, S.H., M.H, Kasi P3M Dinas Kesehatan Inhu, Ardenela Hariko, Plt Kepala UPTD Puskesmas Batang Gansal, Yayuk Erawati, S.Kep, personel Polsek Batang Gansal serta sejumlah Kepala Dusun di Desa Rantau Langsat.(*5) 

TERKAIT