Breaking News
Besok, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah Sempena HUT ke-77 PWI | Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi | Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi | Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan | 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru | Ketum Pordasi Sebut Pasca Covid-19 Gairah Olahraga Berkuda Mulai Bangkit Senin, 30 Januari 2023

 
Belum Sempat Difungsikan, Oprit Jembatan Proyek PUPR Riau Kok Ambruk?
Selasa, 17-01-2023 - 12:06:02 WIB
Oprit Jembatan Ambruk/F: Kiriman Warga-cakaplah
Baca juga:
 
  • Belum Sempat Difungsikan, Oprit Jembatan Proyek PUPR Riau Kok Ambruk?
  •  

    LIPO - Kepala Dinas Dinas PUPR Riau, Arief Setiawan, masih bungkam terkait ambruknya oprit jembatan di ruas jalan lintas provinsi pada ruas jalan Selensen - Kota Baru - Bagan Jaya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) beberapa waktu yang lalu. 

     

    Saat dikonfirmasi melalui pesan via WhatsApp, Arif Setiawan tak kunjung memberikan penjelasan meskipun WhatsApp nya terlihat online. 

     

    Sejauh ini belum diperoleh penyebab oprit jembatan tersebut ambruk, apakah karena struktur bangunan atau karena faktor alam. 

     

    Demikian juga ketika ditanyakan, apakah proyek tersebut masih dalam masa pelaksanaan atau masa pemeliharaan, Arief Setiawan pun enggan memberikan penjelasan.

     

    Sementara pihak UPT PUPR wilayah Inhu-Inhil belum berhasil dikonfirmasi. 

     

    Oprit jembatan ambruk ini pertama kali diinformasikan mantan Anggota DPRD Riau periode 2014 - 2019 Dapil Indragiri Hilir (Inhil) Musyaffak Asikin kepada salah satu media online. 

      

    Musyafak mengaku dirinya mendapatkan kiriman foto-foto dari salah seorang tokoh masyarakat Desa Kuala Keritang tentang kondisi oprit jembatan yang ambruk sebelum jembatan tersebut dipergunakan atau dilalui kendaraan.

     

    "Menurut cerita Muhammad Dong tokoh masyarakat Desa Kuala Keritang dari lokasi jembatan melalui telepon kepada saya mengatakan bahwa proses pengerjaan jembatan tersebut sudah memasuki proses tahap-tahap akhir pekerjaan tetapi sangat disayangkan tiba-tiba bagian oprit jembatan yang tidak pakai turap tersebut ambruk," kata Musyafak, Senin (16/1/2023).

     

    Musyafak menduga, dalam tahapan pekerjaannya diduga terjadi kesalahan fatal, sistem pengerjaan yang tidak memahami atau mengerti kondisi struktur tanah di sekitar pembangunan jembatan tersebut.

     

    "Mestinya sebelum pelaksanaan pembangunan jembatan itu, konsultan perencana atau kontraktor harus mempertimbangkan struktur tanahnya apakah oprit jembatan tersebut harus menggunakan turap atau tidak sehingga kejadian oprit ambruk seperti ini tidak terjadi," kata Musyafak.

     

    Ia berharap pihak Dinas PUPRKPP Provinsi Riau harus memberi peringatan tegas dan bila perlu sanksi berat kepada pihak kontraktor sebagai Perusahaan Pelaksana Pembangunan Jembatan tersebut melalui lonsultan pengawasnya dan ini juga merupakan pelajaran bagi Dinas PUPRKPP agar lebih selektif dalam mencari consultan perencana.

     

    "Carilah konsultan perencana yang benar-benar paham dan mengerti kondisi struktur tanah di wilayah Inhil yang memang sebagian tanahnya terdiri dari tanah rawa dan gambut," ucapnya lagi.

     

    "Kepada Pemerintah Provinsi Musyafak juga berharap terutama kepada Gubernur Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution agar serius memperhatikan pembangunan infrastruktur di Inhil. Karena pada masa Pilkada dulu, banyak janji-janji politik mereka yang belum terpenuhi atau belum terealisasi dan mereka juga harus ingat janji-janji yang pernah mereka sampaikan kepada masyarakat Inhil itu," tukasnya. (*1/ckp) 






     
    Berita Lainnya :
  • Besok, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah Sempena HUT ke-77 PWI
  • Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi
  • Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi
  • Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan
  • 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  •  
    Komentar Anda :

     


     

    Liputanoke.com adalah Situs berita riau terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara dan kami fokus pada pembaca di Indonesia dan Riau khususnya, baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri. Selengkapnya

     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Nasional
    + Daerah
    + Politik
    + Hukrim
    + Ekonomi
    + Otomotif
    + Sport
    + Internasional
    + Opini
    + Indeks
     
     

    Alamat Kantor/Redaksi

     
    PT. Mentari Kreasi Media
    Jl. Tengku Bey, Maya Graha
    Simpang Tiga, Bukitraya
    Pekanbaru Riau

    Hotline :


    08126891040 - 08127549754
    Email: liputanoke@yahoo.com
    www.liputanoke.com
     
    Copyright © 2022 liputanoke.com, all rights reserved