Breaking News
Besok, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah Sempena HUT ke-77 PWI | Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi | Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi | Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan | 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru | Ketum Pordasi Sebut Pasca Covid-19 Gairah Olahraga Berkuda Mulai Bangkit Senin, 30 Januari 2023

 
Pria Ini 24 Hari Terombang-ambing di Lautan, Diselamatkan Saos Tomat, Ini Kisahnya
Minggu, 22-01-2023 - 08:11:16 WIB
Elvis Francois menjalani pemeriksaan kesehatan usai tersesat di lautan selama 24 hari. (Colombian National Navy/AFP)
Baca juga:
 
  • Pria Ini 24 Hari Terombang-ambing di Lautan, Diselamatkan Saos Tomat, Ini Kisahnya
  •  

     

    LIPO - Seorang pria berhasil diselamatkan di perairan Kolombia setelah terombang-ambing di lautan selama 24 hari. Bertahan hidup dengan makanan seadanya, saos tomat. Dikutip dari AFP, pria itu berasal dari Republik Dominika. Namanya, Elvis Francois (47).

    Dia diselamatkan oleh Angkatan Laut Kolombia pada pekan ini. Dia menuliskan pesan berbunyi 'HELP' pada lambung kapalnya.

    Upayanya membuahkan hasil. Dia ditemukan hanyut di perairan berjarak 120 mil laut sebelah barat laut Puerto Bolivar, La Guajira.

    "Saya tidak memiliki makanan. Hanya ada sebotol saos tomat yang ada di atas kapal, serbuk bawang putih dan (kaldu kubus) Maggi. Saya mencampurnya dengan air untuk bertahan hidup selama 24 tahun di lautan," kata Francois dalam video yang dirilis Angkatan Laut Kolombia.

    Francois menyebut usaha meminta pertolongan bukan hanya sekali atau dua kali dilakukannya. Dia selalu berusaha untuk memberikan sinyal membutuhkan bantuan kepada kapal-kapal yang lewat, termasuk, menyalakan api. Tetapi, tak satupun kapal-kapal itu melihatnya.

    "Pada hari-hari terakhir, sekitar 15 Januari, saya melihat sebuah pesawat. Saya memiliki kaca. Saya membuat beberapa sinyal," ujar dia, sembari menggambarkan bagaimana dia memiringkan kaca untuk menangkap cahaya matahari dan menarik perhatian.

    "Mereka (pesawat-red) melewati kapal dua kali, jadi saya menyadari mereka melihat saya. Saya bersyukur bisa hidup saat ini karena mereka," ujar Francois.

    Awak pesawat itu memberitahu Angkatan Laut Kolombia. Dalam prosesnya, dilakukan operasi penyelamatan terhadap Francois dengan bantuan sebuah kapal niaga.

    "Selama 24 hari, tanpa daratan. Tidak ada orang yang diajak berbicara. Tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tidak tahu di mana Anda berada. Itu sulit. Ada momen saya kehilangan harapan. Saya memikirkan keluarga saya," kata Francois.

    Kondisi kesehatan oke

    Video yang dirilis Angkatan Laut Kolombia menunjukkan seorang dokter memeriksa Francois, yang tampaknya memiliki kondisi kesehatan yang baik.

    "Itu sangat sulit. Saya tidak tahu bagaimana saya masih hidup sekarang, tapi saya masih hidup. Dan saya bersyukur untuk itu," kata dia.

    Dijelaskan Angkatan Laut Kolombia bahwa Francois sedang bekerja memperbaiki kapal layar di sebuah pelabuhan yang ada lepas pantai Pulau St Maarten pada Desember 2022. Tetapi, tiba-tiba cuaca memburuk dan kapal itu tersapu ke lautan.

    "Tanpa memiliki pengetahuan navigasi, dia tersesat dan bingung di lautan. Upayanya untuk menggerakkan kapal dan peralatan di atas kapal tidak berhasil," begitulah pernyataan Angkatan Laut Kolombia.

    Francois berusaha melakukan panggilan dengan telepon genggamnya, namun dia tidak mendapatkan sinyal. Usai diselamatkan, Francois diserahkan kepada otoritas imigrasi untuk mengoordinasikan kepulangannya ke negara asalnya.(lipo*3/dtc)

     




     
    Berita Lainnya :
  • Besok, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah Sempena HUT ke-77 PWI
  • Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi
  • Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi
  • Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan
  • 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  •  
    Komentar Anda :

     


     

    Liputanoke.com adalah Situs berita riau terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara dan kami fokus pada pembaca di Indonesia dan Riau khususnya, baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri. Selengkapnya

     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Nasional
    + Daerah
    + Politik
    + Hukrim
    + Ekonomi
    + Otomotif
    + Sport
    + Internasional
    + Opini
    + Indeks
     
     

    Alamat Kantor/Redaksi

     
    PT. Mentari Kreasi Media
    Jl. Tengku Bey, Maya Graha
    Simpang Tiga, Bukitraya
    Pekanbaru Riau

    Hotline :


    08126891040 - 08127549754
    Email: liputanoke@yahoo.com
    www.liputanoke.com
     
    Copyright © 2022 liputanoke.com, all rights reserved