Breaking News
Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi | Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi | Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan | 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru | Ketum Pordasi Sebut Pasca Covid-19 Gairah Olahraga Berkuda Mulai Bangkit | Resmikan Jalan Dua Jalur di Indragiri Hulu, Ini Pesan Gubernur Syamsuar Senin, 30 Januari 2023

 
Soal Biaya Haji yang Naik Meroket, Legislator PKB Ini Sebut Usulan Menag Rugikan Calon Jamaah
Senin, 23-01-2023 - 10:13:54 WIB
Ilustrasi/rol
Baca juga:
 
  • Soal Biaya Haji yang Naik Meroket, Legislator PKB Ini Sebut Usulan Menag Rugikan Calon Jamaah
  •  

    LIPO - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang mengkritik, rencana Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 2023 yang dibebankan kepada calon jemaah.

    Rencana tersebut dinilai politikus PKB itu terlalu mendadak dan akan merugikan calon jemaah haji yang berangkat pada tahun ini.

    “Jika ada perubahan mendadak atas nama istitoah akan sangat merugikan jemaah. Mereka harus menyiapkan dana tambahan dengan kisaran Rp30 jutaan dalam waktu singkat. Padahal mayoritas calon jemaah harus menabung bertahun-tahun. Angka itu cukup besar,” ujar Marwan Dasopang, Ahad (22/1/2023).

    Dia menilai usulan pemerintah terkait proporsi pembebanan biaya haji 70:30, di mana 70% biaya akan ditanggung oleh jamaah dan 30% diambil dari nilai manfaat dana haji merupakan proporsi ideal.

    "Proporsi tersebut sesuai dengan prinsip istitoah atau prinsip jika haji hanya bagi mereka yang mampu. Tetapi bagi kami penerapan skema ini perlu waktu dan sosialisasi panjang sehingga tidak merugikan calon jemaah,” katanya.

    Marwan membandingkan tahun lalu. Beban jemaah tahun ini akan sangat berat. Tahun lalu dari rata-rata BPIH sebesar Rp98,3 juta dan komponen Bipih yang harus ditanggung jamaah hanya Rp39,8 juta (40,54%). Sedangkan sisanya diambil dari nilai manfaat BPIH sebesar Rp58,4 juta (59,4%).

    ”Lalu tiba-tiba ada usulan tahun ini jamaah harus menanggung 70% BPIH sedangkan dari nilai manfaat dana haji hanya 30%,” katanya.(lipo*3/rmc)




     
    Berita Lainnya :
  • Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi
  • Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi
  • Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan
  • 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Resmikan Jalan Dua Jalur di Indragiri Hulu, Ini Pesan Gubernur Syamsuar
  •  
    Komentar Anda :

     


     

    Liputanoke.com adalah Situs berita riau terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara dan kami fokus pada pembaca di Indonesia dan Riau khususnya, baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri. Selengkapnya

     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Nasional
    + Daerah
    + Politik
    + Hukrim
    + Ekonomi
    + Otomotif
    + Sport
    + Internasional
    + Opini
    + Indeks
     
     

    Alamat Kantor/Redaksi

     
    PT. Mentari Kreasi Media
    Jl. Tengku Bey, Maya Graha
    Simpang Tiga, Bukitraya
    Pekanbaru Riau

    Hotline :


    08126891040 - 08127549754
    Email: liputanoke@yahoo.com
    www.liputanoke.com
     
    Copyright © 2022 liputanoke.com, all rights reserved