Mimpi Buruk Bagi Pecinta Bola, FIFA Cabut Status Tuan Rumah Pergelaran Piala Dunia U-20 2023

Mimpi Buruk Bagi Pecinta Bola, FIFA Cabut Status Tuan Rumah Pergelaran Piala Dunia U-20 2023
Presiden FIFA, Gianni Infantino/F: okezone.com

LIPOPecinta bola dan Indonesia betul-betul mengalami mimpi buruk. Mimpi sebagai tuan rumah pergelaran sepak bola kelas dunia pupus setelah FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

 

"Setelah pertemuan antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena situasi terkininya, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," demikian pengumuman resmi dari FIFA.

 

Dalam rilis resminya, FIFA memastikan Indonesia takkan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mereka mencatut bahwa situasi dalam negeri tidak memungkinkan.

 

Dalam rilis resminya, FIFA memastikan Indonesia takkan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mereka mencatut bahwa situasi dalam negeri tidak memungkinkan.

 

Dengan demikian Indonesia berpotensi dijatuhi sanksi oleh FIFA. Sementara sanksi tersebut akan ditentukan setelahnya. 

 

Meskipun Indonesia gagal menjadi tuan rumah, pergelaran masih tetap sama, yaitu pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

 

"Tuan rumah yang baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen untuk saat ini masih belum berubah. Sanksi potensial kepada PSSI mungkin akan ditentukan setelahnya," tambah pengumuman tersebut, mengutip laman okezone.com.

 

FIFA juga menegaskan berjanji untuk tetap membantu Pemerintah Presiden Joko Widodo untuk pembangunan sepakbola Indonesia setelah Tragedi Kanjuruhan. 

 

Dalam beberapa bulan kedepan, anggota FIFA akan hadir ke Indonesia untuk membantu Erick Thohir dan PSSI dalam pembangunan sepakbola Indonesia.

 

Sebelumnya, Erick Thohir terbang ke Doha, Qatar, pada Rabu (29/3/2023) dini hari WIB dan tiba pada siang harinya WIB. Dia kemudian melangsungkan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

 

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presidan FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," tulis Erick Thohir

 

Pagelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia telah terancam seiring dengan pembatalan drawing yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang. Penolakan banyak pihak terhadap kehadiran Timnas Israel U-20 menjadi alasan bagi FIFA dalam pembatalan ini. (*1) 





Sumber: okezone.com



Ikuti LIPO Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index