Karhutla di Langgam Pelalawan Berhasil Dijinakan Tim Satgas

Karhutla di Langgam Pelalawan Berhasil Dijinakan Tim Satgas
Ilustrasi-Karhutla/F: ist

LIPO - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, mengerahkan 1 helikopter water bombing dengan 2 sortie untuk menjinakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Senin (18/09/23). 

Berdasarkan keterangan Kepala Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal, hingga pukul 18.00 wib, titik api di lokasi tersebut sudah mampu dijinakan oleh timsatgas karhutla gabungan dan TNI/Polri di lapangan. 

"Tinggal sedikit lagi, kebetulan tadi juga hujan sekitar 15 menit. Bisa dikatakan tinggal pendinginan," jelas Edy Afrizal saat dikonfirmasi liputanoke.com pada Senin (18/09/23) sore. 

Edy meyakini, besok Selasa (19/09/23) karhutla yang terjadi dalam satu hamparan di wilayah tersebut sudah teratasi. 

"Mudah-mudahan besok sudah tidak ada lagi titik api di lahan tersebut," kata Edy. 

Diketahui, jumlah titik api di Kabupaten Pelalawan terdapat 19 titik dalam satu hamparan. 

BPBD Riau langsung menurunkan tim melalui darat dan mengirimkan dua helikopter water bombing ke lokasi karhutla. 

"Hari ini kita sudah turunkan helikopter water bombing ke sana (Pelalawan). Kemudian tim BPBD Riau juga sudah kita kerahkan untuk membantu Satgas Darat Karhutla Pelalawan, agar kebakaran di sana tidak meluas dan cepat diatasi," tukas Edy. 

Selain di Kabupaten Pelalawan, titik api sebelumnya juga muncul Pinggir Bengkalis, XIII Koto Kampar, dan Kuala Cenaku Inhu. Untuk di wilayah tersebut titik api sudah berhasil dipadamkan. (*1) 

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Karhutla

Index

Berita Lainnya

Index