143 Atlet Riau Dinyatakan Lolos ke PON Aceh-Sumut

143 Atlet Riau Dinyatakan Lolos ke PON Aceh-Sumut
Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin /ist

PEKANBARU, LIPO - Dari 57 Cabor dibawah binaan KONI Riau, 25 cabor telah mengikuti Pra PON dan Kejurnas, hasilnya 143 orang dinyatakan lolos PON Sumut-Aceh tahun 2024 mendatang.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, juga telah menandatangani laporan cabang olahraga (Cabor) babak kualifikasi PON dan Kejuaraan Nasional Pra PON.

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin mengatakan, masih ada sebanyak 34 Cabor lagi yang akan mengikuti Pra PON dan Kejurnas. Sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh PB masing-masing Cabor tahun 2023 ini menjadi hasil lolosnya Cabor untuk PON Sumut-Aceh.

“Alhamdulillah saat ini Atlet kita yang lolos sudah mencapai 143 orang. Ini hasil dari babak kualifikasi PON dan Kejurnas, tentunya dengan semakin banyaknya atlet yang lolos PON Sumut-Aceh, semakin banyak peluang kita untuk meraih medali di PON nanti. Masih ada 34 Cabor lagi yang mengikuti Pra PON dan Kejurnas,” ujar Iskandar Hoesin.

Sementara itu, Kabid Binpres KONI Riau, Amrizal Amir menjelaskan, seluruh atlet yang telah dinyatakan lolos PON selanjutnya akan menjalani proses latihan bersama pelatih yang telah ditunjuk. Prestasi atlet yang telah lolos ini diharapkan akan mampu terus meningkatkan kemampuan, menjelang terjun pada PON di Aceh-Sumut.

“Ini baru data sementara atlet yang lolos PON, setelah mengikuti babak kualifikasi PON atau Pra PON dan Kejurnas. Tentunya bagi atlet yang lolos ini bisa meningkatkan prestasinya, bagi yang meraih medali emas dipertahankan sampai PON. Nah, bagi yang meraih medali perak dan Perunggu ini, diharapkan ada perubahan peningkatannya pada PON nanti,” jelas Amrizal Amir.

Dijelaskan Amrizal Amir, saat ini yang paling banyak meloloskan atlet pada PON Aceh-Sumut, dari cabang olahraga anggar sebanyak 24 orang dengan torehan medali emas Pra PON, 3 medali emas, 1 perak dan 5 perunggu. Disusul Cabor Ski air meloloskan 11 orang dengan torehan medali Pra PON 2 perunggu.

“Jadi atlet peraih media ini nanti akan diseleksi kembali oleh masing-masing pelati dari cabang olaharaga. Mana yang meningkat tentu dipertahankan, seperti anggar yang berhasil meraih 3 medali emas di Pra PON, bisa saja nanti di PON meningkat. Begitu juga Cabor yang lainnya,” kata mantan Pemain Timans Sepak Takraw ini.

Berikut data Cabor peraih medali emas pada Pra PON dan Kejurnas, Pentaque 1 emas, selam 1 emas, atletik 1 emas, sepatu roda 3 emas, Kempo 1 emas, muaythai 1 emas, dan anggar 3 emas. Untuk Cabor yang lain masih menunggu pelaksanaan Pra PON maupun Kejurnas dari PB masing-masing Cabor.

“Bisa saja nanti atlet kita yang lolos PON nanti mencapai 200 orang lebih. Karwna masih ada 33 Cabor lagi yang akan mengikuti tahapan babak kualifikasi PON,” kata Amrizal Amir.(*3)

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#KONI Riau

Index

Berita Lainnya

Index