Bawaslu Riau Butuh Rp31,5 Miliar Untuk Pengawasan Pilgubri 2024

Bawaslu Riau Butuh Rp31,5 Miliar Untuk Pengawasan Pilgubri 2024
Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal/mcr

PEKANBARU, LIPO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengajukan anggaran pengawasan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2024 ke pemerintah Riau.

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal  menyampaikan, usulan anggaran pengawasan Pilguri yang disampaikan itu sebesar Rp31,5 Miliar.

"Dan saat ini yang baru dicairkan ke kita sesuai arahan Mendagri baru sekitar Rp12 miliar. Dan uang itu belum bisa kita gunakan karena tahapan pilkada belum berjalan dan masih fokus pemilu,"kata Alnofrizal. Jumat 1 Maret 2024.

Dijelaskan Alnofrizal uang itu nantinya akan digunakan untuk honorarium dan pengadaan barang dan jasa. Kebutuhan honorarium meliputi honorarium pengawas kesekertariatan, kelompok kerja, dan juga untuk honorarium pengelolaan keuangan.

Kemudian untuk pengadaan barang dan jasa meliputi perencanaan program kegiatan dan anggaran serta revisi anggaran, pembentukan panwaslu kecamatan, panwaslu desa, pengawas TPS serta pelatihan dan bintek pengawas pemilu.

"Untuk panwaslu kecamatan apakah kita dibentuk lagi atau kita evaluasi ini belum kita bahas,"ujarnya.

Sebelumnya anggota komisi I DPRD Riau Mardianto Manan memanggil Bawaslu Riau untuk meminta penjelasan terkait persiapan menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar diakhir tahun ini.

"Dan kita juga mempertanyakan terkait suara yang dipilih yang lama atau yang baru. Dari KPU menyebutkan kursi berdasarkan tahun 2024 bukan jumlah kursi yang sekarang karena saat ini masa transisi,"terangnya.

Kemudian hal lain yang dipertanyakan dalam pertemuan itu terkait aturan caleg yang terpilih dan belum dilantik tapi mengikuti pilkada apakah aturannya mundur atau tidak.

"Itu lah yang kita tanyakan. Tapi aturan ini belum terjawab, dan belum final,"ujarnya politisi PAN dapil Kuansing ini.(***)

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Bawaslu Riau

Index

Berita Lainnya

Index