Pengamat Sebut Kemunculan Baliho SF Hariyanto Maju Gubernur Merubah Peta Politik di Riau

Pengamat Sebut Kemunculan Baliho SF Hariyanto Maju Gubernur Merubah Peta Politik di Riau
Biho SF Hariyanto/lipo

PEKANBARU, LIPO - Kemunculan baliho PJ Gubernur Riau Sf Hariyanto maju sebagai calon gubernur Riau mendadak heboh. 

Kenapa tidak orang nomir satu di Riau itu sebelumnya belum ada menyatakan untuk maju gubernur dan sekarang sudah secara terang-terangan muncul.

Melihat fenomena kemunculan mendadak Sf Hariyanto sebagai calon gubernur Riau ini  pengamat politik UIR Panca Setyo Prihatin mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk dinamika baru dalam peta politik Riau.

"Hal tersebut merupakan bentuk dinamika baru dalam peta politik serta menambah persaingan. Dimana semua calon yang masih malu -malu muncul sekarang perlahan-lahan mendadak muncul sebagai calon kepala daerah," katanya, Selasa 11 Juni 2024.

Tapi, kendatipun demikian penentuan siapa yang akan dipilih dan maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur katanya berada di pusat.

"Siapa yang berhasil menaklukkan pusat dialah yang mendapat rekomendasi. Tapi perlu diketahui juga komunikasi politik di pusat sangat sulit untuk diraba, karena perbincangan mengenai hal ini sering kali berlangsung di ruang-ruang gelap yang hanya diketahui oleh segelintir elit saja," pungkasnya.

Ditambahkan Panca, dengan membaca kondisi yang ada, kemungkinan perubahan peta politik menjelang pendaftaran calon di bulan Agustus 2024 nanti bakal terjadi perubahan.

"Bisa jadi yang digadang-gadang justru hilang dan yang bergerak dalam senyap justru muncul dengan segala kejutannya," ujarnya.(***)

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Pilgub Riau

Index

Berita Lainnya

Index