Kamis, 27 Februari 2020
Follow:
 
Bupati Inhil Lantik Pj Kades Nyiur Permai

Elfi | Inderagiri Hilir
Senin, 04/02/2019 | 08:22:28 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melantik Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Nyiur Permai, Kecamatan Keritang, Sabtu 2 Februari 2019.

Prosesi pelantikan yang digelar di GOR Mahkota Jaya Desa Seberang Pebenaan ini, turut dihadiri Ketua DPRD Riau, Hj Septina Primawati Rusli, Plt Asisten III, Kepala Bappeda, Kadis PMD, Camat Keritang dan Unsur Forkopimcam serta Kepala Desa se-Kecamatan Keritang.

Untuk diketahui, pelantikan Penjabat Kepala Desa Nyiur Permai, Yudi Saputra dilakukan setelah habisnya masa jabatan dari Kepala Desa definitif, H Nurdin.

Bupati Wardan mengatakan, pelantikan Pj Kades merupakan tindaklanjut dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Mengacu pada peraturan tersebut, penunjukkan dan pengangkatan dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa.

"Pelantikan ini sangat penting dilakukan dalam rangka pelaksanaan pembangunan sesuai dengan program-program daerah yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Inhil," ujar Bupati dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa ke depan, Pj Kades Nyiur Permai akan dihadapkan dengan tugas yang cukup berat. Tidak hanya di bidang Pemerintahan Desa dan pembinaan masyarakat, melainkan juga di bidang keuangan terkait pengelolaan anggaran desa.

"Desa saudara akan menerima Alokasi Dana Desa dan Dana Desa yang bersumber dari pusat. Saya mengimbau agar Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik untuk pahami dan pelajari betul ketentuan dan peraturan perundang – undangan," pungkas Bupati.

Para Penjabat Kepala Desa, diungkapkan Bupati, dituntut harus mampu mengelola dana anggaran desa yang begitu besar di masing – masing desa.

"Saya tegaskan kembali, peraturan dan ketentuan pengelolaan keuangan itu yang pertama harus dipahami dan dipelajari," tukas Bupati.

Alokasi dana anggaran yang begitu besar, dikatakan Bupati, di satu sisi sangat menguntungkan bagi desa untuk melaksanakan pembangunan. Namun, di sisi lain hal tersebut dapat menjadi sebuah malapetaka saat Aparatur Desa tidak mampu mengelola anggaran dan membuat pertanggungjawaban.

"Ada Juklak dan Juknis (Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis) penggunaan dana anggaran. Sekecil apapun anggaran itu harus dipertanggungjawabkan," kata Bupati.

Selain pelantikan Penjabat Kepala Desa Nyiur Permai, pada kesempatan tersebut juga dilakukan syukuran dan peresmian hasil program DMIJ Tahun Anggaran 2018 Kecamatan Keritang.

Usai pelantikan yang disaksikan ratusan masyarakat, acara dilanjutkan dengan penandatanganan peresmian Program DMIJ Tahun Anggaran 2018 oleh Bupati HM Wardan didampingi Camat Keritang dan Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Masyarakat Kabupaten Inhil, Yulizal. (Adv/Diskominfops/lipo*7)



Berita Lainnya :
 
  • STIE Tuah Negeri & HMI Dumai Bantu Padamkan Karhutla
  • Panitia Temu Karya Harus Netral & Tidak Bisa di Interversi 
  • Kader Muda Golkar Dukung Syamsuar Jadi Ketua
  • Diwakili Tim, Akhirnya Syamsuar Resmi Mendaftar sebagai Calon Ketua Golkar Riau
  • 20 Kios Pasar, 1 Mobil dan 3 Motor di Sungai Gantang Hangus Terbakar
  • Koalisi Pakatan Harapan Calonkan Anwar Ibrahim Sebagai PM
  • Satpol Pantau Aktivitas TPS, Wako Pekanbaru Sebut Penertiban Masih Berlanjut
  • Peresmian Gedung Disdukcapil dan HUT MPP ke-1, Pemko Pekanbaru Undang Dua Menteri
  • Terkait Bentrok di Pasar Sukaramai, Kasatpol PP Pekanbaru Sebut Ada Provokasi
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index