Selasa, 31 Maret 2020
Follow:
 
Koalisi Pakatan Harapan Calonkan Anwar Ibrahim Sebagai PM

elpi | Internasional
Kamis, 27/02/2020 | 08:42:43 WIB
JAKARTA, LIPO - Ketiga anggota parlemen dari koalisi Pakatan Harapan (PH) menetapkan Anwar Ibrahim sebagai calon perdana menteri bagi Pemerintah Pakatan Harapan. Koalisi itu terdiri dari Partai Keadilan Rakyat (PKR), Democratic Action Party (DAP), dan Partai Amanah.

"Sejak cobaan untuk menumbangkan Pemerintah Pakatan Harapan ujung pekan lalu, kami terus berusaha untuk mempertahankan mandat rakyat Malaysia pada 9 Mei 2018," ujar Ketua PKR, Anwar Ibrahim, saat membacakan pernyataan pers Majelis Presiden Pakatan Harapan di Sekretariat PKR, Rabu.

Hadir mendampingi Anwar, mantan wakil perdana menteri dan pengurus PKR Wan Azizah Wan Ismail, Ketua DAP Lim Kit Siang, Ketua Partai Amanah Negaa Mohamad Sabu, dan sejumlah pejabat partai lainnya.

"Pemerintah tersebut terbentuk sebagai sebuah gabungan yang diikat dengan Mufakat Pakatan Harapan yang telah dicapai pada 7 Januari 2018, diikuti peluncuran Buku Harapan (Manifesto) Pakatan Harapan pada 8 Maret 2018. Di atas asas inilah Pakatan Harapan dibentuk, diberi mandat oleh rakyat dan menjalankan amanah sebagai pemerintah," katanya.

Anwar menegaskan, Pakatan Harapan tidak setuju dengan semua usaha untuk membentuk pemerintahan secara pintu belakang. Ia menyebut, itulah yang menjadi alasan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mundur.

"Akibat percobaan membentuk pemerintahan secara pintu belakang, Tun Dr Mahathir telah mundur sebagai PM. Keputusan Partai Bersatu keluar dari Pakatan Harapan pada Senin lalu disusuli peletakan jabatan Tun sebagai ketua Partai Bersatu," katanya.

Sehubungan dengan hal itu, menurut Anwar, Majelis Presiden Pakatan Harapan telah menjemput Tun Dr Mahathir untuk memimpin musyawarah untuk memulihkan Pemerintah Pakatan Harapan. Akan tetapi, Tun tidak bersedia hadir dalam musyawarah yang digelar pada Selasa (25/2) petang.

Karena itu, menurut Anwar, Majelis Presiden PH tadi malam telah menetapkan keputusan bahwa calon perdana menteri Pakatan Harapan ialah Datuk Seri Anwar Ibrahim.

"Pakatan Harapan kekal komitmen terhadap aspirasi dan amanat rakyat untuk membawa negara ke arah yang lebih baik dari segenap sudut ekonomi, politik dan sosial. Kami tidak akan mengkhianati amanah ini," kata Anwar.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, Riau Care Indonesia Akan Berbagi Makanan dan APD
  • Penyemprotan Disinfektan di Pekanbaru Dibagi Empat Zona
  • Polda Riau & Stake Holder Serentak Laksanakan Gerakan Memutus Rantai COVID-19
  • Dampak Corona Kian Mengkwatirkan, Abdul Wahid Kembali Kerahkan Kader PKB Perangi Wabah
  • Tangani Virus Corona, Wako Pekanbaru: Karantina TKI di Rusunawa Rejosari
  • Penundaan Pilkada 2020 Disepakati Lewat Perppu
  • Rumah Pasien Positif COVID-19 di Duri Disemprotkan Disinfektan
  • BBKSDA Riau Evakuasi Harimau Sumatera Terjerat di Teluk Meranti
  • Kepulangan WNI dari Malaysia Belum Juga Berhenti, 186 Orang Tiba Lagi di Bengkalis
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index