Senin, 20 Januari 2020
Follow:
 
Usai Hadiri Rakornas Karhutla 2019 di Jakarta, Sekda Kuansing akan Berkoordinasi dengan Forkopimda

alfi | Kuantan Singingi
Rabu, 07/08/2019 | 09:02:51 WIB
TELUK KUANTAN, LIPO - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. H. Dianto Mampanini, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Istana Negara Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Rakornas Karhutla yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara, Menko Polhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur, Kapolda, Bupati/Walikota Dandim dan Kapolres serta Sekda Kuansing Dr. Dianto Mampanini,SE. MT, Dandim 0302 Inhu-Kuansing, Letkol Arh. Hendra Roza, S.IP, Kapolres AKBP. M. Mustofa, S.IK, M.Si.

Sekda Kuansing Dianto Mampanini, menyebutkan bahwa arahan Presiden RI Joko Widodo meminta Forkopimda di daerah untuk bersinergi, dan bekerjasama dengan pemerintah pusat dalam mengatasi karhutla, sehingga sekecil apapun api yang ada bisa dipadamkan. Karena kerugian akibat karhutla pada tahun 2015 silam mencapai Rp221 triliun, dan lahan yang terbakar mencapai luas 2,6 juta hektare.

Untuk itu kejadian serupa jangan terulang kembali, kendati jumlah karhutla di tahun 2019 ini sudah berkurang, namun hotspot (titik panas) dibanding 2018 cendrung naik. Karena itu perlu kewaspadaan semua pihak.

Dikatakan Sekda, Presiden juga menekankan empat hal, yakni pertama, prioritas pencegahan melalui patroli dan deteksi dini.  Kedua, Penataan ekosistem gambut bagaimana caranya agar tanah gambut tetap basah.

Ketiga, Segera lakukan pemadaman bilamana ada api dan lakukan pemadaman sebelum api menjadi besar. Keempat, Langkah gakkum  terus konsisten dan ditingkatkan.

Sementara Sekda menambahkan bahwa khusus untuk Kabupaten Kuantan Singingi patut disyukuri, karena sampai sekarang belum ada terjadi kebakaran hutan dan lahan. Kendati demikian perlu kehatian-hatian semua pihak agar kondisi ini benar-benar tetap terjaga.

"Selepas rakor ini nanti, kita akan berkoordinasi dengan Forkopimda. Setidaknya kita melakukan upaya-upaya protektif, agar kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kuansing pada tahun 2019 ini tidak ada sama sekali," pungkasnya.(lipo*3/r24)




Berita Lainnya :
 
  • Kwatir Air PDAM Tercemar Limbah, Izin Lokasi PT SSS Diminta Tinjau Ulang
  • ICW Nilai Keliru Pertemuan Dewas dan Tim Hukum PDIP
  • Besok, Seluruh Anggota For-KI Riau Jalani Bimtek Keterbukaan Informasi
  • Wabup SU Nyatakan Program Pembangunan dan Kebijakan Pemkab Inhil Utamakan Kepentingan Masyarakat
  • Ketua PWI Riau Buka Kejurda Biliar Sekaligus Seleksi Atlet Porwanas
  • Syamsuar: Produk UMKM dan Ekonomi Kreatif Riau Harus Tembus Internasional
  • Legislator Asal Riau Pertanyakan Soal Pemulihan Lingkungan Pasca Tambang di Blok Rokan
  • Tahun Ini Pemko Pekanbaru Tiadakan USBN Tingkat SD
  • Sahabat Pondok Ijo-PWI Riau Peduli Serahkan 100 Paket Makan Siang
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index