Senin, 18 Juni 2018
Follow:
 
Usia Berapa Anak Harus Tidur Bisa Sendiri?

alfi | Lifestyle
Selasa, 13/03/2018 | 05:46:20 WIB
LIPO-MELATIH anak menjadi pribadi yang mandiri harus dilakukan sedini mungkin agar si kecil tidak manja dan selalu bergantung dengan ayah atau ibunya. Salah satunya dengan mengajarkan kepada anak untuk tidur sendiri.

Lantas, usia berapa tepatnya anak harus tidur terpisah dengan orangtua? Psikolog Klinis, Aurora Lumbantoruan, mengatakan hal ini sangat berkaitan dengan kemandirian dan berhubungan dengan keterampilan lain yang harus dimiliki anak secara bersamaan.

"Kalau dari aspek budaya, budaya barat sudah mengajarkan anak tidur sendiri sejak bayi. Artinya sedari bayi mereka sudah dibiasakan tidak tidur satu ranjang dengan orangtuanya. Walau masih satu kamar tapi si anak tidur di boks dan orangtua tidur di ranjang. Cara ini membiasakan anak agar tidak terlalu 'lengket' dan tergantung dengan orangtua," ungkap Aurora saat berbincang dengan Okezone, baru-baru ini di kawasan Jakarta Pusat.

Tetapi, sambungnya kalau di sini (Indonesia dan negara-negara Timur), anak-anak biasanya pasti tidur bersama ayah dan ibunya dulu. Lalu kemudian perlahan dipisahkan atau diminta untuk tidur sendiri.

"Sebelum anak diharuskan tidur sendiri sebaiknya pastikan anak sudah bisa melakukan beberapa hal. Misalnya dia sudah tidak mengompol. Atau, kalau masih mengompol, anak bisa diajarkan ke toilet untuk buang air secara rutin sebelum tidur. Bila si kecil sudah bisa melakukan ini maka sudah bisa dicoba untuk tidur sendiri," jelasnya.

Kriteria ini sama halnya seperti mempersiapkan anak akan masuk sekolah. Seperti melihat kemampuannya sudah lolos melakukan toilet training atau belum. Apabila anak sudah bisa melakukan toilet training, seharusnya mereka juga sudah bisa diberi kepercayaan untuk dilatih tidur sendiri.

"Berarti pada usia sekolah sekitar usia 6 tahun anak sudah harus dibiasakan tidur sendiri. Caranya, mungkin bisa diawali dengan menyediakan kamar untuk anak. Kalau bisa berikan sentuhan dekorasi kamar yang sesuai kesukaannya. Pada tahap awal orangtua boleh menemani sampai anak terlelap, kemudian baru ditinggal sendiri, kemudian perlahan anak harus bisa tidur sendiri tanpa ditemani sedikit pun," papar Aurora.

Lebih lanjut Aurora mengingatkan agar para orangtua tidak memaksa anak tidur sendiri. Apalagi jika si kecil dipaksa karena sudah usianya tidur sendiri tanpa melakukan treatment yang baik.

"Kalau caranya dipaksa, seperti bayi yang sedang menyusui lalu disapih, itu tidak boleh. Anak harus berani tidur sendiri atas keinginannya dan punya rasa percaya diri untuk tidur tidak ditemani dan bisa melakukan segala sesuatu sendiri," tukasnya.(lipo*3/okz)







Berita Lainnya :
 
  • Kapolres Inhil Tinjau Lokasi Longsor
  • Kafilah Masjid Mustaqim Juara I Lomba Takbiran di Kuansing
  • Piala Dunia 2018, Mengejutkan, Meksiko Tumbangkan Jerman 1-0
  • Trafik Data Telkomsel Naik di Momen Lebaran, Pekanbaru Tertinggi
  • Ribuan Warga Padati Kebun Binatang Kasang Kulim
  • Aktivitas Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Belum Meningkat
  • Jalur Sumbar-Riau Macet, Ditempuh Hingga Dua Jam
  • Hasil Imbang Tidak akan Goyahkan Brasil di Piala Dunia 2018
  • Tim SAR Gabungan Lakukan Patroli Siaga SAR
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index