Kamis, 21 November 2019
Follow:
 
Terancam di PHK, Dua Karyawan Adukan PT Sumber Kencana Inhu ke Disnaker

Elfi | Daerah
Rabu, 17/07/2019 | 19:48:19 WIB
Rengat, LIPO - Tak puas merasa akan di PHK sepihak, dua karyawan PT Sumber Kencana Inhu (SKI) melaporkan perusahaan ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu pada hari Rabu 17 Juli 2019 lengkap dengan beberapa berkas pendukung untuk kepentingan pengaduan. 

Dua karyawan tersebut adalah Siswandi dan Didin Sarifudin, yang merupakan sopir mobil pengangkut CPO. Mereka mengaku melaporkan perusahaan ke Disnaker Inhu untuk mencari keadilan dan mencari solusi, karena perusahaan di anggap arogan dengan akan memutuskan memberikan PHK secara sepihak tanpa alasan yang tadak jelas. 

Selain akan di PHK, dua karyawan tersebut juga dijanjikan uang pasongan yang tidak wajar. 

"kami sudah 8 tahun bekerja hanya mendapat pesangon 25 juta, 25 juta tersebut hanya dikali 1, perusahaan akan PHK kami dengan alasan sopir dianggap mencuri minyak CPO serta timbangan selalu susut, padahal setiap susut pihak perusahaan selalu memotong uang gaji kami, kami tidak ada menjual minyak CPO, bagaimana mau menjual sedangkan kunci minyak itu disegel, dan kita sudah jelaskan alasan susut minyak disebabkan oleh bocornya tengki, namun perusahaan selalu tidak terima, kita juga tidak mau menandatangani berkas yang di sodorkan oleh pihak perusahaan terkait PHK tersebut," jelas Siswandi. 

Sebelum di PHK, Siswandi mengakui dirinya hanya mendapat Surat Peringatan (SP) cuma satu kali, maka dari itu dirinya melaporkan hal tersebut ke Disnaker Kab.Inhu. 

"boleh kami di PHK tapi dengan alasan yang jelas dan keluarkan hak kami sesuai dengan peraturan, kita hanya di berikan SP satu kali dan uang pasongan tidak sesuai dengan jeri payah kami selama bekerja," jelas  Didin lagi. 

Sementara Kepala Disnaker kabupaten Indragiri Hulu Endang Mulyawan melalui Bidang Perselisihan Hubungan Industrial,   Raja Ratna Dewi SE, saat ditemui di ruang kerja mengaku sudah terima berkas pengaduan dan akan menindak lanjuti untuk upaya mengklarifikasi permasalahan tersebut ke PT Sumber Kencana Inhu, setelah mengklarifikasi pihak Disnaker juga akan memfasilitasi perselisihan tersebut. 

Jika perusahaan ingin PHK karyawan, pihak perusahaan terlebih dahulu mengetahui prosedur yang ada dan peraturan, serta memberikan HAK karyawan tersebut sesuai dengan Peraturan. 

"kita akan memangil pihak perusahaan untuk klarifikasi, setelah klarifikasi pihak Disnaker mendorong untuk di mediasi, perusahaan juga harus mengerti undang-undang berlaku," imbuhnya. 

Sebelumnya, pihak Disnaker Inhu sudah memberikan sosialisasi keperusahaan dan harusnya perusahaan mengerti sebelum PHK karyawannya. 

Sementara itu pihak Perusahaan saat di konfirmasi melalui Bidang kehumasan yang biasa di Sapa Ibu Reni tidak menjawab, baik di konfirmasi melalui Watsap dan Telpon dengan nomor 08137848XXXX  belum ada penjelasan hingga berita ini terbitkan. (lipo*15)



Berita Lainnya :
 
  • Kemendesa Representasikan Komitmen Indonesia untuk Pencapaian SDGs 2030 Subtitle
  • Ungkap Kasus Pembunuhan Gajah Sumatera di Riau, KLHK Ngaku Kesulitan
  • Berkas Perkara Dugaan Karhutla PT SSS Dilimpahkan Awal Desember ke Pengadilan
  • Airlangga Tak Pegang Komitmen, Golkar Pecah Lagi
  • Hingga 24 November, Padang Gelar Festival Siti Nurbaya 2019
  • Pelantikan Sekdaprov Riau Dijadwalkan Jumat Siang Pukul 14.00
  • Besok, Yan Prana Jaya Dikabarkan Bakal Dilantik Jadi Sekdaprov Riau
  • Perppu KPK Belum Juga Terbit, ICW Gugat UU KPK ke MK
  • Dinilai Jadi Ladang Korupsi, TP4 Segera Dibubarkan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index