Jum'at, 29 Mei 2020
Follow:
 
Tujuan PAN Dinilai Telah Bergeser, Amien Rais Bakal Dirikan Partai Baru

Elfi | Politik
Kamis, 07/05/2020 | 01:59:44 WIB
JAKARTA, LIPO - Tidak akan menunggu waktu lama, sebuah partai baru diperkirakan akan lahir ditengah-tengah partai yang yang sudah ada. Persiapan bakal Partai baru tersebut disebut-sebut telah mencapai 70 persen. 

Partai baru tersebut dipelopori oleh politisi kondang Amien Rais. Amien Rais sendiri dikenal salahsatu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN). 

Proses pendirian baru tersebut juga ditandai dengan mundurnya putra Amien Rais, Hanafi Rais mundur sebagai pengurus dan anggota DPR Periode 2019-2024.

Dikutip dari laman online Okezone, politikus senior dan salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husin, memprediksi mundurnya Hanafi adalah upaya mempercepat berdirinya partai baru yang akan dibentuk oleh tokoh reformasi tersebut. Menurutnya, saat ini Amien sedang menggodok untuk mempersiapkan membangun partai baru. 

"Ya (persiapan) 70 persen lah. Tapi kemunduran Hanafi ini mempengaruhi percepatan pembentukan partai baru. Jadi jangan dibalik, bukan Hanafi itu bersikap karena ingin membuat partai baru, sikap Hanafi inilah yang mendorong keras kami berpikir untuk mendirikan partai baru," kata Putra kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.

Putra mengatakan, pastinya ada sesuatu yang salah sehingga membuat Hanafi rela melepas jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PAN, Ketua Fraksi dan anggota DPR dengan suara terbanyak.

"Pasti ada something wrong, pasti ada masalah besar, kalau hanya masalah kecil mana mungkin Hanafi keluar. Artinya ada yang sangat prinsip yang membuat dia melepaskan semua jabatannya itu," jelasnya.

Selain itu, menurutnya kondisi PAN saat ini sudah bergeser dari tujuan awal dibuat. Di mana saat itu, partai berlambang matahari terbit ini bertujuan memperjuangkan kepentingan rakyat dan bangsa.

"Partai itu kan dibangun sebetulnya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, kepentingan bangsa, bukan untuk kepentingan sekelompok orang yang ingin mendapatkan manfaat dari pengelolaan sebuah partai. Sekarang saya sendiri sebagai salah satu pendiri masih bertanya tanya apa sih yang dilakukan PAN sekarang untuk bangsa dan negara?," tandasnya.

Adapun pengunduran diri putra Amin Rais tersebut tertuang dalam sebuah surat bertanda tangan Hanafi di atas materai Rp6.000 pada Selasa 5 Mei 2020 yang beredar di kalangan awak media.

"Saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," ujar Hanafi dalam surat pengunduran diri tersebut. (lipo*1)


Sunber: okezone 



Berita Lainnya :
 
  • Sukseskan New Normal, Polda Riau Libatkan 1.131 Personel
  • RSUD Arifin Achmad Buka Pelayanan Swab Untuk Masyarakat
  • Jokowi Sebut Pembukaan Sektor Pariwisata tak Usah Tergesa-gesa
  • Sepekan Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid- 19 di Pekanbaru
  • 3 Kabupaten di Riau Ini Tak Perlu Jalani New Normal, Ini Alasannya
  • Kebijakan New Normal Dilaksanakan, Pemkab Siak akan Buka Kembali Istana Siak
  • Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak Dukung Penuh kebijakan New Normal
  • Data Grafis Pasien Covid-19 Inhil Terus Turun
  • Wabup SU Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan DPC PKB Inhil Dalam Penanggulangan Covid-19
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index