Minggu, 18 April 2021
Follow:
 
Laksanakan Intruksi dari Kemendagri, Inhu Akan Berlakukan PPKM Berskala Mikro

ELFI | Inderagiri Hulu
Rabu, 07/04/2021 | 21:48:19 WIB

TERKAIT:
 
 
RENGAT, LIPO - Melalui rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Inhu di Gedung Dang Purnama Rengat, Tim Satgas Covid 19 terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro dan Penanganan Covid tingkat Desa/Kelurahan.

Penerapan PPKM berdasarkan intruksi Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2021. 

Forkopinda menerapkan PPKM di Inhu dengan membentuk pos komando (Posko) disetiap Desa/kelurahan, yang dibantu pihak aparat keamanan Polri, dan TNI, serta diawasi oleh pihak Puskesmas setempat.

Dengan diterapkan PPKM, Pj Bupati Inhu Chairul Riski mengatakan, akan adanya pembantasan di tempat terbuka atau umum dengan kapasitas 50 persen.

"Fasilitas umum diperlakukan kapasitas 50 persen serta menerapkan protokol kesehatan. Apalagi di Inhu sudah ada Desa atau Kelurahan ditetapkan sebagai Zona Kuning dan Merah, ini juga sebagai keseriusan Tim Satgas Covid dalam menangani hal tersebut, terlagi menghadapi Bulan Suci Ramadhan tahun 2021," jelas PJ Bupati Inhu Chairul Riski, Rabu 7 April 2021.

Untuk di wilayah Zona Merah Covid-19, harus diterapkan pembatasan keluar masuk masyarakat, baik orang tempatan maupun luar wilayah itu. PPKM tersebut dilakukan agar menekan terjadinya penyebaran virus corona.

"Jam 20.00 masyarakat harus di rumah tidak ada aktifitas diluar, menutup tempat keramaian di zona merah. Ini semua agar tidak adanya penularan pada orang banyak," Ungkap PJ Bupati Inhu.

Dalam sambutannya Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K mengatakan, seluruh Kapolsek di Inhu sesuai surat mendagri agar mengawasi seluruh wilayah menerapkan pembatasan beraktivitas, untuk menghindari penyebaran covid-19 berikan masyarakat masker dan bagi masyarakat tidak mengindahkan himbauan protokol kesehatan diberikan Sanksi sesuai peraturan yang ada.

"Tolong dicek betul, sampai hari ini pembatasan bisa dihitung pakai jari, jika tidak mengindahkan berikan sanksi sesuai peraturan yang ada. Mengingat dalam waktu dekat masuk bulan ramdhan, hari pertama puasa seluruh masjid akan membludak. Buat rekan-rekan yang ditunjuk sebagai pelaksana PPKM harus bisa mengaturnya, bukan berarti tidak boleh ibadah namun harus menerapkan protokol kesehatan," Jelas Kapolres Inhu.

Masih kata Kapolres Inhu, jika disuatu wilayah ada penurunan dalam kasus Covid-19 itu artinya PPKM berhasil dan jika sebalik nya ada kenaikan, maka PPKM tidak berhasil. Sebelum menerapkan PPKM maka para petugas harus disiplin dulu, agar semua tujuan berhasil.

"Ada 13 Desa yang akan diterapkan PPKM di 3 Kecamatan," tutup Kapolres Inhu. 

Adapun sambutan Dandim 0302 inhu Letkol CZI Eko Supri Setiawan, S. Sos,M.H, untuk khusus zona merah agar adanya upaya membatasi keluar masuk orang, orang yang tidak berkepentingan tidak boleh masuk di daerah zona merah covid 19.

"Untuk Bhabinsa dan Bhabinkamtimas bisa mengedukasi serta mensosialisasikan PPKM di Daerah Zona merah. Wilayah zona merah, agar tidak ada orang keluar masuk di daerah itu, semua bertujuan tidak menyebarkan virus corona," kata Dandim 0302 Inhu.

Acara selanjutnya Forkompinda melaksanakan Diskusi tanya jawab bersama Lurah, Bhabinsa, Bhabinkamtimas dan para undangan lain nya demi menerapkan PPKM.

Adapun turut hadir langsung dalam kegiatan tersebut adalah PJ Bupati Inhu H. Chairul Riski, MS, MP, Dandim 0302 Inhu Letkol CZI Eko Supri Setiawan, S. Sos,M.H, Kapolres Inhu AKBP Eprizal, S.Ik, Asisten III Inhu Herlina, Kepala Dinas Kesehatan Elis, Pengadilan Negeri Rengat WF Fadli, Para Kapolsek se Inhu, Bhabinkamtimas dan Bhabinsa. (*15) 



Berita Lainnya :
 
  • Pemprov Riau Sebut Efisiensi Anggaran Rp36 Miliar dari Tender 58 Paket Kegiatan
  • Messi Cetak Sejarah, Kedua Terbanyak Peroleh Trofi
  • Hadirkan Konten Video Vision+ Original Series hingga Live TV Nasional di Aplikasi MAXstream
  • Jozeph Paul Tantang Bagi yang Bisa Laporin ke Polisi Diberi Hadiah, NU Bereaksi Keras
  • Polisi Peraih Pin Emas Himbau Jama'ah Salat Tarawih Tetap Waspada
  • Pj Sekdaprov Riau Larang ASN Mudik
  • Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak & PT BSP Serahkan Bantuan Sembako
  • Bupati Siak Lantik Bapekam Perawang Barat & Pinang Sebatang Barat
  • Doni Monardo: Dilarang Mudik Bukan Berarti Sebelum Tanggal 6 Mei Boleh Mudik
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index