Jumat, 14 Mei 2021
Follow:
 
Ini 5 Kandungan Air Kelapa yang Berkhasiat Menyehatkan Tubuh

elpi | Lifestyle
Rabu, 21/04/2021 | 06:49:33 WIB
Air kkelapa/int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Air kelapa dikenal memiliki kandungan konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineral. Terbuat dari cairan bening di dalam kelapa hijau, lebih dari 95 persen air kelapa adalah air.

Air kelapa telah dikonsumsi sejak lama di daerah tropis di dunia. Dalam pengobatan tradisional, air kelapa dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Air kelapa juga secara tradisional telah digunakan untuk mengobati dehidrasi. Meskipun mungkin bukan minuman ajaib, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari laman Medicalnewstoday, Rabu (21/4/2021), berikut deretan kandungan air kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Kalium

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat olahraga. Dikarenakan ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

2. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Carilah air kelapa yang bagus untuk mendapatkan tingkat antioksidan tertinggi. Air kelapa yang diproses dan dipasteurisasi panas memiliki lebih sedikit antioksidan.

3. Asam amino

Asam amino penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan penyusun protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin dibandingkan susu sapi. Ini adalah sumber utama arginin, asam amino yang membantu tubuh merespons stres. Arginine juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Rendah kalori

Air kelapa hanya memiliki 45 kalori dalam secangkir, ini adalah pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus. Air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus. Air kelapa juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

5. Sitokinin

Sitokinin ditemukan di dalam air kelapa, senyawa ini dipercaya memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun hingga saat ini belum ada penelitian besar yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat menangkal kanker.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Anies dan Zulkifli Hasan Bertemu Malam-malam, Bahas Apa?
  • 849 Napi Pekanbaru Dapat Remisi Idulfitri 1442 Hijriah
  • Polisi Tangkap Bandar Sabu Senilai 400 Miliar dari Jaringan Timur Tengah
  • Mulai 14 Mei, Sejumlah Destinasi Wisata di Sumbar Akan Ditutup
  • TNI Terlibat Baku Tembak dengan KKB, Dua Orang Tewas
  • Riau Kembali Tempati Peringkat Dua Kasus Positif Corona Secara Nasional
  • Total Suspek Covid-19 di Riau Mencapai 87.793 orang, Ribuan Orang Masih Jalani Isolasi
  • Narapidana di Riau Peroleh Remisi & Pembebasan dari Menkumham
  • Perkuat Daya Tahan Tubuh, Yuk Minum Wedang Jahe hingga Kayu Manis
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index