Jumat, 25 Juni 2021
Follow:
 
Ini 5 Manfaat Sehat Minum Air Putih pada Pagi Hari

elpi | Lifestyle
Sabtu, 22/05/2021 | 07:34:33 WIB
Air putih/int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Minum air mineral sangat penting untuk banyak proses tubuh, termasuk mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, hingga melumasi sendi.

Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk memenuhi asupan cairan sehari-hari, termasuk mengawali pagi dengan minum air putih.

Ada sejumlah manfaat dari minum air putih di pagi hari. Apa saja?

1. Menurunkan berat badan
Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua, berat badannya menurun ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan termasuk sarapan selama 12 minggu.

Seperti dilansir Medical News Today, sebagian peneliti menghubungkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Meningkatkan mood

Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.

Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam volume rendah memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu - yang biasanya minum air dalam jumlah banyak - mengurangi asupan air mereka, biasanya mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan ketenangan dan emosi positif.

Sebuah studi pada 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi berdampak negatif pada suasana hati, sementara rehidrasi memperbaiki suasana hati dan gejala kelelahan.

Dengan pemikiran ini, seseorang mungkin ingin minum air sepanjang hari untuk mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.

3. Baik untuk kulit
Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Kulit mengandung sekitar 30 air, yang membantu kulit meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin berdampak positif pada fisiologi kulit - tampak lebih terhidrasi, terutama pada peserta yang biasanya minum lebih sedikit air.

4. Meningkatkan kinerja mental

Air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental - bahkan dehidrasi kecil dapat memiliki efek buruk pada kognisi, menurut sebuah studi pada 2016.

Sebuah review pada 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, minum air putih dapat membantu.

5. Baik untuk fungsi tubuh

Asupan air yang cukup juga penting dalam banyak fungsi tubuh. Minum air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan air limbah dari tubuh.

Menurut studi pada 2010, peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolitiasis, yang terjadi ketika batu hadir di saluran kemih.

Selain itu, sebuah studi 2019 menemukan bahwa orang membutuhkan asupan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Studi tersebut mencatat bahwa dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai berdampak negatif pada regulasi tekanan darah dan fungsi vaskular.

Dan untuk sendi dan tulang, air adalah komponen dari cairan pelumas di sekitar sendi, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.(lipo*3/cnn.indonesia)



Berita Lainnya :
 
  • PWI Riau Kembali Gelar UKW Angkatan XVII
  • Pemprov Riau Masih Tunggu Arahan Pusat untuk Penerimaan CPNS
  • Polres Siak Tangkap Pengedar Daun Ganja Kering
  • Sekdaprov Riau Minta OPD Gesa Realisasi DAK Fisik
  • Penguatan Literasi Kebijakan Perubahan Iklim Masyarakat Pulau Bengkalis
  • Dua Buronan Kejaksaan Agung Segera Dideportasi dari Singapura
  • Polda Sumut Amankan Pelaku Penembakan Wartawan
  • Ini Cara Pelaku Sektor Pariwisata Bertahan di Tengah Pandemi
  • Wabup Husni: Pemkab Siak Dukung Upaya KASN Selaraskan Tahapan Pengisian JPT Sesuai Aturan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index