Senin, 20 September 2021
Follow:
 
Setelah Siak Meraih Penghargaan KLA, Sekda Arfan Menjadi Keynote Speaker Webinar

ELFI | Siak
Jumat, 30/07/2021 | 01:38:05 WIB

TERKAIT:
 
 
SIAK, LIPO - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menghadiri sekaligus menjadi pembicara utama (Keynote Speaker) Webinar yang ditaja oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Komisi Perlindungan Anak Provinsi Riau  terkait Dukungan Dunia Pendidikan Profesional Pemenuhan Hak Anak dilingkup Sekolah Dasar. di Ruang Rapat Pucuk Rebung ,Lt.I Kantor Bupati Siak.Kamis (29/07/2021).

"Tentunya saya sangat mendukung kegiatan ini, sebab SDM-SDM  yang berkualitas tentu harus dipersiapkan sejak dari satuan pendidikan terkecil, berawal dari PAUD yang merupakan masa emas anak-anak kita, dan jenjang Sekolah Dasar.Dimana Peningkatan Kualitas Pendidikan merupakan prioritas utama dari tujuh Sasaran Pembangunan Kabupaten Siak 2021", demikian kata Sekda Arfan diawal paparannya.

Dalam mewujudkan hal itu, menurut Sekda Arfan, terdapat berbagai tantangan yang dihadapi terutama dalam satuan pendidikan Sekolah Dasar di dimasa pandemi covid-19 yang secara nyata telah menurunkan eksistensi dunia pendidikan.

"Dalam upaya kita tersebut terdapat tantangan yang begitu berat,terutama pandemi covid-19 yang kita hadapi. Pendidikan secara daring menjadi solusi ditengah pandemi, namun itu secara umum dilaksanakan pada tingkat pendidikan menengah keatas yang memang selama ini didukung IT. Sedangkan pada pendidikan dasar secara umum belum tersentuh ataupun terbiasa menggunakan Teknologi Informasi/digital dalam proses belajar mengajar", papar Arfan Usman.

Hal itu, menurut Sekda Arfan menjadikan jenjang pendidikan dasar menjadi yang paling terpukul oleh pandemi covid-19.

"Jenjang pendidikan dasar baik PAUD maupun SD menjadi yang paling terpukul akibat pandemi covid-19, ini yang menjadi perhatian kita bersama.Maka dari itu kita harus melakukan terobosan-terobosan diantaranya melalui kerjasama Dinas Pendidikan dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam mewujudkan sarana pembelajaran yang inovatif,seperti aplikasi i-Siak, lalu pelaksanaan lomba bagi anak-anak,dan berbagai inovasi lainnya", jelasnya.

Masih menurut Sekda Arfan,bahwa inovasi-inovasi tersebut kini tengah di galakkan di Kabupaten Siak.Bukan hanya itu, seluruh OPD telah bahu membahu mewujudkan Kabupaten Siak Layak Anak sebagai bagian integral perlindungan dan pemenuhan hak anak, dan sekaligus dalam upaya mendukung pendidikan ditingkat dasar.

"Saya mengucapkan tahniah kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak yang telah melakukan berbagai inovasi, dan pertisipasi seluruh OPD dalam mewujudkan Kabupaten Siak sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak yang Alhamdulillah hari ini Kabupaten Siak mendapatkan penghargaan Nindya sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak", terangnya.

Sekda Arfan lantas mengajak seluruh jajaran untuk bersama-sama mewujudkan inovasi dan gagasan-gagasan baru terutama guna mendukung pembelajaran ditingkat dasar.

"Mari kita satukan tekad guna mewujudkan dunia  pendidikan yang profesional dalam rangka pemenuhan hak anak dilingkup Pendidikan Dasar ini, penguasaan IT menjadi keniscayaan bagi segenap pendidik bahkan orang tua dimasa pembelajaran online, sehingga ditengah pandemi covid-19 ini, anak anak kita tetap memiliki semangat belajar dan mendapatkan pendidikan dasar yang merupakan hak bagi mereka", harapnya.

Ia juga mengajak seluruh jajaran untuk bersam-sama menciptakan suasana lingkungan yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya anak, agar segala bentuk rindak kekerasan kepada anak yang sering terjadi, dapat di cegah sehingga anak tumbuh menjadi generasi berkualitas dan berdaya saing dimasa yang akan datang.

Dalam kesempatan berikutnya, Ketua Komnas Perlindungan Anak Provinsi Riau, Dewi Arisanty memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang terus berkomitmen mewujudkan Siak Layak Anak.

"Kami sangat mengapresiasi Pak Sekda beserta seluruh OPD dan Stakeholder terkait yang terus berkomitmen mewujudkan Siak sebagai Kota Layak Anak, dan selamat atas penghargaan yang diraih. Kami berharap dapat bekerjasama dengn Pemerintah Kabupaten Siak dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, terutama diusia pendidikan dasar, dimana berbagai inovasi yang telah dilaksanakan di Siak mudah-mudahan dapat diaplikasikan di daerah lain, guna mendukung Riau Layak Anak", pungkas Dewi. (*11)



Berita Lainnya :
 
  • Bayar Parkir di Kawasan Protokol Pekanbaru Kini Pakai Scan Barcode. Begini Caranya
  • Telkomsel Berkolaborasi dengan Zoom Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau
  • Waka Polres Kuansing Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2021
  • Satreskrim Polres Siak Berhasil Ungkap Pelaku Penipuan Ratusan Juta
  • Lantik 37 Penjabat Penghulu, Ini Pesan Wabup Siak
  • Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
  • Diduga Korupsi Hibah Alat Kesehatan, Polda Riau Tahan Kadiskes Meranti
  • Jaga Ketat Bandara, Menhub Tak Ingin RI Kebobolan WNA Positif Covid-19
  • Tes SKD Calon ASN Kota Pekanbaru Akan Dilaksanakan Mulai 29 September di SKA CoEx
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index