Sabtu, 28 Mei 2022
Follow:
 
Ini 5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai

elpi | Lifestyle
Sabtu, 15/01/2022 | 06:14:47 WIB
Ilustrasi/dtc
TERKAIT:
 
 
Jakarta, LIPO - Lonjakan gula darah sangat berbahaya terutama bagi penderita diabetes. Untuk menghindari lonjakannya, ahli kesehatan menyarankan agar hindari konsumsi lima makanan berikut.

Berbahaya bagi tubuh, lonjakan gula darah dapat memicu produksi insulin dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat. Jika dibiarkan terus menerus efek jangka panjang yang nantinya akan dihasilkan adalah resistensi atau kekebalan tubuh terhadap insulin.

Untuk mengendalikan produksi gula darah diperlukan asupan makanan sehat yang tinggi serat dan tidak mengandung gula yang tinggi. Ahli gizi menyarankan untuk memperhatikan kembali asupan makanan yang dikonsumsi, terutama bagi penderita diabetes dan untuk mereka yang ingin mencegah diabetes.


Pola makan bergizi seimbang dengan menambahkan asupan berupa karbohidrat, protein hingga lemak perlu dipenuhi agar gula darah lebih stabil. dr. Sally Roxburgh dari The Fleet Street Clinic juga menekankan bahwa penting sekali, terutama bagi penderita diabetes tipe 2, untuk mengendalikan asupan seperti mengendalikan berat badan, ukuran porsi hingga konsumsi kalori.

Berikut ini 5 makanan dan minuman yang wajib dihindari agar gula darah lebih terkendali:

1. Jus Buah dan Smoothie
Seringkali dianggap sebagai minuman dan menu sarapan yang sehat, dr. Roxburgh justru mengungkap bahwa jus buah dan smoothie menjadi jalan masuk gula tambahan yang paling tidak terkendali. Banyak jus buah kemasan dan smoothie yang menggunakan gula tambahan dan mengandung kalori tinggi. Dampak konsumsinya, berat badan naik dan gula darah melonjak.

"Jus buah dan smoothie harus dihindari karena mereka dapat meningkatkan gula darah dengan sangat cepat. Buah secara umum bisa dikonsumsi dan aku tidak akan pernah merekomendasikan selain buah yang dikonsumsi secara utuh," kata dr. Roxburgh.

2. Daging Olahan
dr. Roxburgh mengatakan bahwa daging olahan seperti salami, ham dan daging merah berlemak harus sangat dihindari jika tak ingin gula darah melonjak. Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa daging olahan dapat memicu kenaikan berat badan hanya dalam waktu dua minggu yang dampaknya berpengaruh pada kesulitan mengendalikan gula darah.

"Makanan seperti ini dapat menyebabkan penambahan berat badan yang mana akan membuat diabetes lebih sulit dikendalikan. Sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun," kata dr. Roxburgh.


3. Makanan Berkarbohidrat
dr. Naomi Newman-Beinart selaku ahli gizi juga mengatakan bahwa makanan yang berbahan dasar karbohidrat sangat mudah dicerna. Elemen gula yang terkandung di dalamnya juga begitu cepat terserap ke dalam aliran darah dan memicu lonjakan gula darah.

"Kemudian pankreas akan memproduksi insulin untuk mengeluarkan glukosa dari darah dan membuat insulin masuk ke dalam sel dan bekerja pada tubuh. Jika gula darah pada orang yang sehat mengalami kenaikan kemudian insulin akan diproduksi, gula darah kemudian akan menurun dan dipecah menjadi lemak. Lemak tersebut akan diakumulasikan agar lebih mudah dipecah oleh tubuh," kata dr. Newman-Beinart.

4. Minuman Manis

Menurut Rasa Kazlauskaite selaku professor dari Rush University Medical Center, mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh akan lebih berat tantangannya ketika kamu masih belum bisa lepas dari kebiasaan mengonsumsi minuman manis. Termasuk beberapa minuman seperti minuman bersoda, jus atau bahkan kopi yang ditambahkan pemanis.

dr. Roxburgh juga mengatakan bahwa cara terbaik lainnya juga menghindari penambahan gula pada minuman-minuman seperti pada teh atau kopi. Hampir serupa dengan minuman tinggi gula, minuman beralkohol juga perlu dibatasi karena tinggi kalori dan kadar gulanya.

5. Kue
Makan kue dengan dekorasi yang cantik dan rasa yang manis memang bisa memenuhi keinginan atau 'ngidam' yang seringkali datang. Tetapi konsumsi kue walaupun hanya satu sendok teh menjadi ancaman berbahaya bagi penderita diabetes.

Kandungan gula yang cukup tinggi membuat kue sangat cepat untuk memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh. National Health Service atau Layanan Kesehatan Nasional di Inggris mengatakan bahwa kue menjadi makanan yang wajib dihindari bagi mereka yang sedang mengendalikan gula darah maupun yang sedang menurunkan berat badan.(lipo*3/dtc)




Berita Lainnya :
 
  • Tim Tabur Kejaksaan Berhasil Menangkap Buronan Kasus Penggelapan di Jatim
  • Sederhana, Toleransi, Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa
  • Diguyur Anggaran Ratusan Miliar, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan
  • Gubri Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Buya Syafii Maarif
  • GPMPPK Gelar Demo di Kejagung RI, Desak Kejaksaan Ungkap Kasus Dana Hibah Siak
  • Ikuti Bimtek & Studi Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, ini Harapan Alfedri
  • Ketua DPRD Kuansing Ajak Semua Warga Jadi Duta Wisata untuk Negeri Sendiri
  • Janji Tinggal Janji.... Mantan Honorer di Kuansing Riau Gembok Pagar Kantor Camat
  • Indonesia Berduka, Ulama Kharismatik Buya Syafii Maarif Dikabarkan Wafat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index