Sabtu, 28 Mei 2022
Follow:
 
Ini 5 Manfaat Sehat Madu Untuk Jaga Sistem Imun hingga Obati Batuk

elpi | Lifestyle
Rabu, 04/05/2022 | 05:49:41 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Madu punya rasa yang manis sehingga banyak dijadikan pengganti gula. Namun bukan hanya manis, madu juga punya segudang manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan rutin.
Jika kamu sering minum teh dengan tambahan madu setiap pagi, artinya kamu sudah membantu menjaga kesehatan tubuh. Madu memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi secara terus-menerus.

Baca juga: Bukan Gula, 7 Bahan Ini Bikin Kopi Jadi Manis dan Makin Nikmat
Cairan kental yang rasanya manis ini diproduksi secara alami oleh lebah. Madu mengandung protein, karbohidrat, kalsium hingga zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Dilansir dari Eat This Not That (1/5) berikut beberapa manfaat sehat madu:

1. Membantu mengurangi peradangan

Lisa Andrews, MEd, RD, LD, Pemilik Sound Bites Nutrition, mengatakan bahwa salah satu efek samping yang mengejutkan dari madu adalah dapat membantu mengurangi peradangan. "Madu memiliki sifat anti-inflamasi dengan menurunkan kadar prostaglandin dalam darah."

Menurut sebuah studi yang dilakukan International Journal of Research and Review, madu alami yang belum diproses atau disaring, terbukti mengurangi dismenore atau nyeri haid. Madu juga berkhasiat mengurangi berbagai gejala dan gangguan pada sistem pencernaan.

2. Meredakan batuk
Jika kamu memiliki keluhan batuk yang tak kunjung reda meskipun sudah mengonsumsi berbagai obat, cobalah untuk minum madu. Madu berkhasiat mengobati masalah pada saluran pernapasan sehingga mampu meredam batuk.

"Mengkonsumsi madu dapat membantu mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas termasuk batuk," kata Andrews. Menurut Mayo Clinic, penelitian menunjukkan bahwa madu bekerja lebih baik dibandingkan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan. Selain dikonsumsi langsung, madu juga dijadikan campuran pada teh.

3. Mengobati sakit perut

Ahli gizi Lauren O'Connor, MS, RDN, RYT, yang juga penulis buku Healthy Cooking for One mengatakan bahwa madu dapat membantu meringankan berbagai masalah pada perut. Masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut melilit bisa diobati dengan rutin mengonsumsi madu.

Madu juga membantu meringankan masalah pada lambung. Jadi jika merasakan sakit pada bagian perut, cobalah minum madu sebagai obat alami untuk berbagai keluhan di perut.


4. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam madu mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. Efek positif yang bisa dirasakan yakni tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kulit menjadi tampak lebih sehat dan mencegah penuaan dini.
"Madu memberikan manfaat antioksidan dengan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas," kata Heather Sachs, MS RD, Director. "Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh."

5. Madu menjaga kesehatan jantung

Tambahkan madu ke dalam yogurt, oatmeal, atau smoothie untuk mendapatkan manfaat antioksidannya. Madu terbukti menjaga tubuh dari berbagai risiko penyakit kardiovaskular, salah satunya jantung.

"Kebanyakan orang tidak tahu bahwa madu sebenarnya adalah sumber antioksidan yang luar biasa. Pastikan kamu mengonsumsi madu berkualitas tinggi yang di secara alami," kata Breanna Woods, MS , ahli diet terdaftar untuk Blogilates. "Antioksidan berperan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.(lipo*3/dtc)




Berita Lainnya :
 
  • Tim Tabur Kejaksaan Berhasil Menangkap Buronan Kasus Penggelapan di Jatim
  • Sederhana, Toleransi, Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa
  • Diguyur Anggaran Ratusan Miliar, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan
  • Gubri Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Buya Syafii Maarif
  • GPMPPK Gelar Demo di Kejagung RI, Desak Kejaksaan Ungkap Kasus Dana Hibah Siak
  • Ikuti Bimtek & Studi Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, ini Harapan Alfedri
  • Ketua DPRD Kuansing Ajak Semua Warga Jadi Duta Wisata untuk Negeri Sendiri
  • Janji Tinggal Janji.... Mantan Honorer di Kuansing Riau Gembok Pagar Kantor Camat
  • Indonesia Berduka, Ulama Kharismatik Buya Syafii Maarif Dikabarkan Wafat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index