Minggu, 31 Mei 2020
Follow:
 
Manajemen Bank Riau Kepri Sebut Persiapan Konversi ke Syariah Sudah 60 Persen

elpi | Ekonomi
Rabu, 09/10/2019 | 06:15:29 WIB
PEKANBARU, LIPO - Setelah ditetapkannya perubahan saat RUPS-LB April 2019 lalu, Manajemen Bank Riau Kepri (BRK) mengatakan persiapan konversi BRK menuju BRK Syariah, sudah mencapai 60 persen.

Pindiv Sekretaris Perusahaan BRK M Jazuli, mengatakan, untuk mempersiapkan program konversi syariah, pihaknya menargetkan manajemen BRK Syariah bisa diterapkan sekitar 18-24 bulan ke depan, terhitung sejak ditetapkan pada April lalu. Dan jika BRK dikonversi dengan syariah, dari segi aset BRK bisa masuk 10 besar bank nasional.

"Untuk program konversi dari skedul yang direncanakan kita masih on the track, di mana progres sudah 60 persen. Dengan kondisi aset saat ini sekitar Rp27 triliun, bisa jadi kita masuk urutan 7 nasional. Kalau pasar bank syariah nasional 5,9 persen, maka kita bisa 6,2 persen. Artinya potensi untuk ke syariah lebih besar, dan kita optimis bisa berkecimpung lebih baik lagi di bisnis itu," ujar Jazuli, Selasa (8/10/2019).

Dijelaksan Jazuli, sejauh ini persiapan Manajemen BRK untuk konversi ke Syariah, pihaknya saat ini sudah membentuk Tim Manajemen Project Konversi (TMPK) Syariah, yang melibatkan semua unsur unit yang ada di BRK. Namun ia mengakui, memang pihaknya belum sosialisasikan tim tersebut, karena BRK fokus pembenahan di internal.

"Untuk program konversi itu, kita tengah melakukan perubahan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan izin konvensi syariah, dan sedang menyusun kajian teknis untuk syariah," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, untuk penggantian arah perubahan dari bank konvensional menjadi bank syariah, diharapkan ke depan arah baru berbasis keuangan syariah di bank berplat merah tersebut, akan jauh lebih berkembang. Dan pasca ditetapkannya menjadi BRK Syariah, nantinya akan dibentuk tim yang bertugas mempersiapkan proses transisi dari sistem konvensional menjadi syariah.

"Nanti tim ini yang bekerja, juga ada kajian-kajian konsultan untuk meningkatkan SDM sesuai dengan syariah, termasuk juga terkait IT dan lain-lain, jadi pekerjaan mereka masih banyak. Jadi nanti ada transisi, konversi dari bank konvensional menjadi bank syariah, kami harapkan makin cepat makin bagus," ujar  Syamsuar, beberapa pekan lalu.(lipo*3/rmc)



Berita Lainnya :
 
  • Pengerjaan Ruas Jalan Kuala Keritang-Inhil Tunggu Eksekusi
  • DPC PUMA Inhil Terbentuk, Marlis Syarif Harap Keberadaannya Bisa Membantu Masyarakat
  • Usai PSBB, Kabupaten Siak Terapkan Kebijakan New Normal
  • Saat ini Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Riau Mencapai 75,2%
  • Cakada Satu ini Siap Memperjuangkan Cita-cita Pendiri Kabupaten Kuansing
  • Provinsi Riau Jadi Percontohan New Normal oleh Pemerintah Pusat
  • Gumpita Apresiasi dr.Fahdiansya, Sebut Pemilih di Kuansing Cerdas & Rasional
  • 117 Destinasi Wisata di Riau akan Dibuka Kembali, Ini Penjelasan Gubri
  • Sudah Sembilan Hari Nihil Penambahan Kasus Positif COVID-19 di Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index