Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Angka Kematian di Inhil Tertinggi, Bupati Wardan Evaluasi Penanganan Covid-19

Elfi | Advertorial
Rabu, 26/05/2021 | 08:51:26 WIB
Bupati Inhil, HM Wardan
TERKAIT:
   
 
TEMBILAHAN, LIPO - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melakukan evaluasi terhadap penanganan Covid-19 setelah adanya pernyataan Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo terkait tingginya angka kematian akibat Covid-19 di daerah tersebut, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir mencapai 5,23 persen. Angka itu diketahui tertinggi se-Provinsi Riau.

Bupati Wardan yang membenarkan pernyataan Presiden Joko Widodo itu mengungkapkan, kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir, umumnya terjadi di kalangan pasien lanjut usia, pasien berumur di atas 59 tahun.

"Untuk itu sesuai arahan Presiden, perlu perhatian khusus terhadap penanganan pasien Covid-19. Diharapkan kepada Dinas terkait untuk segera melaporkan apa saja yang dibutuhkan dan yang menjadi kekurangan dalam penanganan Covid-19 di Inhil," ucap Bupati saat memimpin Rapat Koordinasi evaluasi penanganan Covid-19 Inhil bersama Unsur Forkopimda beserta jajaran di Satgas Covid-19 di Kantor BPBD, Jalan Swarna Bumi Tembilahan, Senin 24 Mei 2021 siang.

Sebagai bentuk keseriusan, Bupati menekankan kepada Satgas Covid-19 agar memperketat penanganan pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. Dia mengarahkan, para pasien itu dapat diisolasi di ruang karantina khusus pasien Covid-19.

"Saya mengharapkan kepada pihak terkait untuk ekstra memperhatikan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Hal ini berguna untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 klaster keluarga," kata Bupati.

Bupati juga meminta, agar pihak desa/kelurahan dan kecamatan dapat menyediakan ruang isolasi bagi para pasien Covid-19. Pertimbangan ini dikarenakan jarak ruang isolasi RSUD Puri Husada Tembilahan dengan beberapa desa/kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir yang relatif jauh.

"Tiap desa/kelurahan dan kecamatan semestinya punya ruang isolasi sendiri. Sebab, kelayakan rumah pribadi pasien untuk isolasi mandiri itu tidak terjamin. Pemerintah kecamatan bekerjasama dengan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan," jelas Bupati.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada tim Satgas Covid-19 di semua tingkatan untuk memperketat proses tracking dan tracing kontak erat pasien positif Covid-19 guna deteksi dini pasien positif Covid-19, terutama untuk para pasien tanpa gejala atau OTG.

Sementara, Juru Bicara Bidang Kesehatan Satgas Covid-19 Kabupaten Indragiri Hilir, Dr Saut Pakpahan mengungkapkan, angka kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir tinggi. Sebab, angka tersebut dilihat dari segi persentase.

"Namun, kalau dilihat dari jumlah kita tergolong kecil dibanding kabupaten/kota lain di Riau. Angka persentase tinggi dikarenakan jumlah pasien positif Covid-19 kita di Inhil ini rendah, sehingga jika dihitung persen maka didapat nilai yang relatif tinggi," terang Dr Saut.

Dr Saut mengungkapkan, tercatat 1.375 pasien Covid-19 di Kabupaten Inhil per 24 Mei. Dari total tersebut, sekitar 11 persen merupakan pasien lansia. Sebanyak 66 pasien Covid-19 dinyatakan meninggal dunia. Dari total pasien meninggal dunia, 57 persen diantaranya merupakan pasien lansia. 

Menurut Dr Saut, kebanyakan dari pasien lansia yang meninggal dunia merupakan pasien dengan Komorbid atau pasien yang memiliki penyakit penyerta sebelumnya.

"Tapi, hari ini angka kematian kita sudah turun di kisaran 4,81-4,82 persen. Di kabupaten/kota lain bahkan ada yang ratusan jumlah kematiannya, namun angka persentasenya berada di bawah kita karena jumlah pasien positifnya juga tinggi," imbuhnya. (Adv/Diskominfopers)



Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index