Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Bupati Wardan Buka Bimtek Panitia Pilkades Serentak

Elfi | Advertorial
Selasa, 01/06/2021 | 15:26:15 WIB
Bupati Inhil, HM Wardan (tengah)
TERKAIT:
   
 
TEMBILAHAN, LIPO - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021.

Kegiatan yang dipusatkan di aula salah satu hotel di Tembilahan pada Senin 31 Mei 2021 kemarin ini merupakan tahapan kedua pelaksanaan Pilkades Serentak, yang rencananya akan diikuti sebanyak 96 Desa.

Pembukaan Bimtek Panitia Pilkades tahun 2021 ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Bupati Wardan kepada 2 perwakilan peserta. Turut hadir saat itu, beberapa Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Inhil, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Sekretaris dan Staf Dinas DPMD.

Bupati Wardan dalam arahannya mengatakan, pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Inhil bukan merupakan hal yang baru. Karena, kegiatan ini sudah pernah dilaksanakan pada tahap pertama tahun 2015 lalu.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting mengingat ada beberapa informasi peraturan pelaksanaan kegiatan Pilkades. Untuk itu, seorang panitia harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, salah satunya mengawasi kegiatan, sehingga berjalan dengan lancar sesuai dengan peraturan.

"Maka diharapkan panitia jangan sampai pilih kasih ataupun tidak netral. Apabila ada panitia yang tidak netral akan diberikan sanksi sesuai dengan hukum, karena akan menganggu jalannya kegiatan Pilkades," ujar Bupati Wardan.

Untuk diketahui, Pilkades Serentak tahun ini ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu seorang calon Kepala Desa wajib lulus uji kompetensi walaupun di Desa tersebut hanya ada 1 calon Kades dan juga seorang calon Kepala Desa wajib bisa membaca Al-Qur'an serta seorang pemilih harus berdomisili di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan sebelum pelaksanaan pemilihan. 

Terakhir, Bupati Inhil dua periode ini juga mengingatkan agar pelaksanaan Pilkades tetap mengikuti protokol kesehatan (rotkes), katena mengingat saat ini masih dimasa Pandemi Covid-19.

Bimtek Panitia Pilkades diikuti sebanyak 307 peserta, yang terdiri dari pengawas tingkat desa sebanyak 288 orang dan tingkat Kecamatan sebanyak 19 orang yang terbagi 4 angkatan. Angkatan pertama (30 Mei - 1 Juni), Angkatan kedua (1-3 Juni), Angkatan ketiga (3-5 Juni) dan angkatan keempat (5-7 Juni) yang diisi dengan 7 orang Narasumber. (Adv/Diskominfopers)



Berita Lainnya :
 
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  • Husni Merza: Aplikasi 'SEPAKAT' Menjawab Problematika Kemiskinan di Kabupaten Siak
  • WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index