Selasa, 21 September 2021
Follow:
 
Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman, Permudah Pelayanan Publik Secara Digital

Elfi | Advertorial
Senin, 06/09/2021 | 15:30:12 WIB
Walikota Pekanbaru, Firdaus/LIPO
TERKAIT:
 
 
PEKANBARU, LIPO - Sejalan dengan visi Pekanbaru menjadi smart city Madani, Pemerintah Kota Pekanbaru juga terus berinovasi. Terbaru Pemko Pekanbaru kini memiliki aplikasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi tersebut diberi nama "Pekanbaru Dalam Genggaman,".

Aplikasi Pekanbaru dalam genggaman bisa didownload melalui android di playstore. Berbagai kebutuhan pelayanan informasi mulai dari perizinan dan non perizinan terdapat didalamnya. Berikut juga investasi yang ada di Pekanbaru.

Kepala Diskominfo Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra menjelaskan, aplikasi Pekanbaru dalam genggaman bertunjuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik secara digital, agar masyarakat tidak perlu banyak mengunduh berbagai aplikasi dari tiap OPD.

"Karena itu melalui Diskominfo ,kami menyiapkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi . Yang  menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada di jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru," jelas Eka.
Mungkin gambar 1 orang dan berdiri

Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk  mengakses informasi yang meliputi urusan perizinan, nonperizinan, pengurusan identitas kependudukan, mendapatkan informasi investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, kepariwisataan hingga urusan kepegawaian, CCTV Kota Pekanbaru.

Informasi publik yang semuanya itu bisa diakses dari satu system Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi  Pekanbaru dalam Genggaman berbasis website dan android, dan Internasional yang terkoneksi ke Portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru www.Pekanbaru.go.id.


"Pekanbaru dalam genggaman akan menjadi salah satu inovasi daerah pekanbaru yang akan berkelanjutan, dan akan masuk dalam renstra diskominfo," Jelas Kadiskominfo.
Mungkin gambar 1 orang dan berdiri
Ditambahkan Kabid PLIKP (pengelolaan layanan informasi dan komunikasi publik), Mawardi, S.Ag, bahwa sistem informasi digital terintegrasi ini merupakan upaya dari pemerintah menjadikan semua layanan publik menjadi satu pintu atau satu kali akses.

"Masyarakat bisa mendownload di app playstore, bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan. Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari sinergi/simpeg, dishub rekomendasi perhubungan, trayek, cctv sejumlah ruas jalan di kota pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di kota pekanbaru. Semuanya bisa diakses dalam Pekanbaru dalam Genggaman," papar Mawardi yang menyebut aplikasi ini sudah diluncurkan pada  di 2 september 2021.

Apa Manfaat dari Sistem Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi "Pekanbaru dalam Genggaman"?

Dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia di bidang Informasi digital dan layanan publik berbasis elektronik. Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian.
Keterangan foto tidak tersedia.

Dilain sisi adanya aplikasi Pekanbaru dalam genggaman mendapat dukungan penuh dari Walikota Pekanbaru, Firdaus.Menurut Walikota inovasi ini sangat positif ingin meningkatkan pelayanan publik yang ada di Kota Pekanbaru.

"Ini akan menjadi inovasi daerah sebagai implementasi dari Pekanbaru Smart City Madani. Inovasi ini juga akan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru. Tentunya juga akan membantu sekali bagi masyarakat, perorangan dan juga pelaku usaha yang akan berurusan secara online," tegas Walikota.

Dukungan yang sama juga diutarakan Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi
Menurut Ayat hanya dengan ujung jari saja masyarakat bisa mendapatkan dan mencari informasi pelayanan yang dibutuhkan.

"Masyarakat tidak perlu lagi harus jauh-jauh datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan. Cukup hanya melalui handphone saja, semua yang dibutuhkan sudah tersedia. Yang menarik juga di aplikasi ini, para pencari kerja juga bisa mendapat informasi tentang lowongan kerja," ujar Ayat yang memuji adanya aplikasi ini.

Tidak jauh berbeda, Sekda Pekanbaru, M Jamil juga mengungkapkan hal yang sama. Ditambahkannya bagi masyarakat yang ingin berurusan di MPP bisa mendapatkan pelayanan melalui aplikasi Pekanbaru dalam genggaman.

"Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pelayanan terkait perizinan dan non perizinan," tutupnya. (ADV)
 



Berita Lainnya :
 
  • Bayar Parkir di Kawasan Protokol Pekanbaru Kini Pakai Scan Barcode. Begini Caranya
  • Telkomsel Berkolaborasi dengan Zoom Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau
  • Waka Polres Kuansing Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2021
  • Satreskrim Polres Siak Berhasil Ungkap Pelaku Penipuan Ratusan Juta
  • Lantik 37 Penjabat Penghulu, Ini Pesan Wabup Siak
  • Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
  • Diduga Korupsi Hibah Alat Kesehatan, Polda Riau Tahan Kadiskes Meranti
  • Jaga Ketat Bandara, Menhub Tak Ingin RI Kebobolan WNA Positif Covid-19
  • Tes SKD Calon ASN Kota Pekanbaru Akan Dilaksanakan Mulai 29 September di SKA CoEx
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index