Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
DPM-PTSP Pekanbaru Gencarkan Program Geliat UMKM dan Promosi Bisnis

ELFI | Advertorial
Kamis, 16/09/2021 | 22:11:45 WIB
Dessy Triana, SE, M.Si /LIPO
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, LIPO - Dalam rangka membantu pelaku usaha kecil di Kota Pekanbaru, Diinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru menggagas program Geliat UMKM dan program Promosi Bisnis atau Probis.

Progam baru yang diluncurkan DPM-PTSP melalui Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal ini diantaranya, Geliat UMKM dan program Promosi Bisnis (Probis). 

Geliat UMKM ini merupakan program promosi usaha melalui konten video promosi untuk pelaku UMKM, khususnya Kota Pekanbaru. Program ini dirancang dan dibuat oleh tim media sosial DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan kerudung
Plt Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil M.Ag M.Si melalui, Kabid Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana, SE, M.Si mengatakan, program ini sebagai wadah promosi UMKM dengan menggunakan media sosial. 

"Seperti melalui Youtube, Instagram dan Facebook resmi DPM-PTSP Kota Pekanbaru," kata Dessy, Rabu (15/9). 

Ia mengungkapkan, program Geliat UMKM saat ini sudah memasuki episode ke 25, dan sudah berjalan dari bulan Juni tahun 2020 lalu. Program ini memfasilitasi kepada pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produknya dalam bentuk proses produksi, keunggulan produk dan pemasaran, dengan durasi maksimal 7 menit.
Keterangan foto tidak tersedia.
Dessy menjelaskan, dalam satu bulan terdapat dua pelaku usaha yang di promosikan oleh Geliat UMKM dengan mengambil segmen yang berbeda setiap tayang. Mulai dari kuliner, fashion, karya hingga aplikasi.

Adapun kriteria pelaku UMKM yang dapat diliput, diantaranya telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM). Lalu izin yang dikeluarkan oleh DPM-PTSP Pekanbaru.

Oleh sebab itu Pemerintah Kota Pekanbaru melalui DPM-PTSP di Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal memberikan reward kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui program Geliat UMKM.

"Istilah nya jemput bola. Pada prinsipnya pemerintah merupakan pelayan bagi masyarakat," terangnya. 

Kemudian untuk program unggulan DPM-PTSP lainnya ada  yang disebut Promosi Bisnis atau lebih populer dengan sebutan Probis. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Pekanbaru dengan berlandaskan kepada SK Walikota.

"Program Probis ini merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh DPM-PTSP Kota Pekanbaru dalam upaya untuk membantu para pelaku usaha, agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha,"jelas Dessy.
Mungkin gambar berdiri
Liputan video ini dilakukan secara gratis. Video liputan ini nantinya akan ditayangkan di kanal platform media sosial DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

"Promosi usaha secara digital melalui tayangan video perlu kita gencarkan untuk membangkitkan lagi perekonomian yang ada di Pekanbaru, khususnya di masa pandemi sekarang ini," ungkapnya. 

Dalam satu bulan terdapat dua usaha besar yang dipromosikan. Jenisnya beragam, mulai dari sektor industri, jasa maupun perdagangan.
Keterangan foto tidak tersedia.
Sampai bulan Agustus ini akun media sosial DPM-PTSP telah menayangkan sebanyak delapan usaha besar melalui program Probis. Usaha besar ini seperti sekolah swasta, hotel, dan komplek pergudangan. 

Selain di media sosial DPM-PTSP, video Probis juga ditampilkan pada standing display yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru. Sehingga pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung Video Promosi dari DPM-PTSP.

"Kegiatan Probis merupakan upaya DPM-PTSP Pekanbaru melayani dan membantu usaha besar untuk dapat bangkit kembali ditengah pandemi covid-19," jelasnya. 

DPMPTSP menargetkan berharap adanya program ini iklim investasi di Pekanbaru bisa membaik, usaha besar dapat bangkit kembali seperti sebelum masa pandemi. Selain juga dapat terjalinnya kemitraan dengan UMKM Lokal agar perekonomian di Kota Pekanbaru bisa pulih kembali.(ADV)



Berita Lainnya :
 
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  • Husni Merza: Aplikasi 'SEPAKAT' Menjawab Problematika Kemiskinan di Kabupaten Siak
  • WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah
  • Bersama BINDA Riau, PWI Kuansing Gelar Vaksinasi Merdeka Sisir Desa Terluar
  • Kejakgung Sita 23 Bidang Tanah Duta Palma Terkait Korupsi Lahan Sawit di Inhu
  • Pemerintah Naikan Tarif Ojek Online, Berikut Rinciannya
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index