Minggu, 28 November 2021
Follow:
 
Ini 4 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

elpi | Lifestyle
Rabu, 03/11/2021 | 06:28:34 WIB
Ilustrasi/okz
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Paparan sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang sangat penting. Akan tetapi, musim hujan dan cuaca yang buruk dapat membuat sebagian orang kurang mendapatkan paparan sinar matahari.

Padahal, vitamin D memiliki peran penting dalam menunjang kondisi tubuh. Beberapa manfaat dari vitamin D adalah membantu menjaga tulang, gigi, dan otot dalam kondisi baik, serta melindungi sistem imun.

Ketika cuaca tak mendukung atau kondisi lain memicu kekurangan vitamin D, sebagian orang biasanya akan memilih konsumsi suplemen sebagai solusi. Hal ini kerap dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di negara empat musim ketika musim dingin melanda.

Selain dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin D, konsumsi suplemen vitamin D juga tampak memiliki beberapa keunggulan lain. Studi yang dilakukan oleh Loyola University Health System pada 2013 menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin D dapat membantu menurunkan tekanan darah dan berat badan serta meningkatkan suasana hati pada perempuan penderita diabetes tipe 2 yang menunjukkan tanda depresi.

Nutrition Communications Manager untuk British Nutrition Foundation Bridget Benelam mengatakan ada empat cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan asupan vitamin D di kala paparan sinar matahari berkurang. Berikut ini adalah keempat cara tersebut, seperti dilansir Fit and Well, Selasa (2/11).

Suplemen

Konsumsi suplemen vitamin D biasa atau dalam bentuk multivitamin boleh dilakukan. Pilih jadwal mengonsumsi suplemen yang paling praktis dan mudah diingat. Misalnya, mengonsumsi suplemen sebelum menyikat gigi setiap hari.

Ikan Berlemak

Salmon, makarel, dan sarden merupakan jenis ikan berlemak yang diketahui kaya akan vitamin D. Jenis ikan ini juga mengandung asam lemak omega 3, protein, serta vitamin dan mineral lain. Rekomendasi konsumsi ikan adalah dua porsi per pekan di mana salah satu dari porsi tersebut merupakan ikan berlemak.

Telur

Selain kaya akan protein, telur juga merupakan sumber vitamin D yang tak boleh diremehkan. Karena mudah diolah, telur bisa disajikan dalam berbagai bentuk hidangan seperti omelet hingga frittatas yang dikombinasikan dengan sayur-sayuran seperti kacang polong, paprika, bayam, serta jagung manis.

Makanan Terfortifikasi

Ada beragam jenis makanan yang kini telah diperkaya dengan vitamin D. Beberapa contohnya adalah sereal, produk susu, serta susu berbasis tumbuhan. Cek label kemasan untuk mengetahui apakah produk makanan atau minuman yang hendak dibeli telah difortifikasi dengan vitamin D.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • JPU Kejari Kuansing Resmi Lakukan Perlawanan Atas Putusan Hakim Membebaskan IAL
  • Polres Siak Tangkap 2 Orang Pengedar Sabu, 1 Orang DPO
  • Sisir Otak Pelaku, Densus 88: Penangkapan Terduga Teroris Disertai Bukti yang Cukup
  • Sita Rp8,95 Milliar Dari Kasus Anak Usaha BUMN, Polda Metro Jaya Belum Tetapkan Tersangka
  • Erick Thohir Dorong BUMB Kolaborasi Pembangunan Infrastruktur Turis Lokal di Riau
  • Mau Disamakan Seperti FPI, Kader PP Riau Unjuk Rasa Minta Junimart Girsang Dicopot
  • Polres Siak Tangkap Pelaku Ilegal Logging, Diduga Babat Cagar Biosfer Giam
  • Bupati Siak Hadiri Peresmian Markas Kodim 0322/Siak
  • Dua Camat Diprediksi Duduki Kursi Kadis di Pemko Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index